Beranda Kepulauan Riau Karimun Lanal TBK, Polres Dan Pemkab Karimun Bersihkan Eceng Gondok

Lanal TBK, Polres Dan Pemkab Karimun Bersihkan Eceng Gondok

43
0

Karimun, GK.com – Eceng gondok yang berada di Danau Taman Hijau Bersih atau lebih tepatnya di depan RSUD Muhammad Sani yang sebelumnya memenuhi area Danau tersebut sudah mulai dibersihkan oleh Lanal TBK, Polres Karimun dan Pemkab Karimun, Jumat (19/2) pagi.

Tak hanya eceng gondok, sampah yang berada disekitaran danau juga dibersihkan dengan menggunakan 5 unit perahu karet.

Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Maswedi, M.Tr.Opsla menjelaskan bahwa, danau memegang peranan penting sebagai kepentingan Ekonomi, Perikanan, Irigasi, Sumber air bersih, dan Pariwisata.

“Danau merupakan salah satu bentuk ekosistem perairan tawar, berfungsi sebagai penampungan dan menyimpan air yg berasal dari sungai, mata air maupun air hujan,” jelasnya.

“Tak hanya itu, danau juga memegang peranan sangat penting dan potensial untuk dikembangkan serta didayagunakan dengan berbagai kepentingan, seperti kepentingan Ekonomi, Perikanan, Irigasi, Sumber air bersih dan Pariwisata,” sambungnya.

Disamping itu, Kapolres Karimun, AKBP Muhammad Adenan, SIK mengatakan, kegiatan ini adalah upaya pencegahan dampak seperti banjir dan kerusakan lingkungan.

“Tujuan utama membersihkan eceng gondok dan sampah ini adalah upaya pencegahan dampak seperti banjir dan kerusakan lingkungan, mengingat danau ini selain dimanfaatkan masyarakat untuk ternak pembibitan ikan, juga sebagai salah satu icon dari Kabupaten Karimun sebagai Taman Hijau”. ungkapnya.

Adenan berharap agar masyarakat sekitar dan pengunjung yang datang agar tidak membuang sampah sembarangan, serta mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian danau tersebut.

Turut hadir pada kegiatan saat itu, Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim, M.Si, Danlanal TBK Letkol Laut (P) Maswedi, M.Tr.Opsla, dan sejumlah pejabat lainnya. (RE).

Editor : Febri