Beranda Kepulauan Riau Anambas BMKG Tarempa Prediksi Tetap Ada Potensi Angin Kencang di Musim Panas

BMKG Tarempa Prediksi Tetap Ada Potensi Angin Kencang di Musim Panas

64
0

Anambas, GK.com – Saat ini kondisi Cuaca di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) sudah 11 hari dominan dengan cuaca panas terik, namun menurut Prakiraan Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarempa meskipun cuaca panas, tetapi potensi angin kencang akan tetap ada.

Kepada Media ini, Kepala BMKG Tarempa, Sirajul menjelaskan bahwa, hal ini terjadi karena letak Anambas yang dikelilingi dengan lautan dan pegunungan.

“Jika musim penghujan angin itu berasal dari awan sibi atau cumolomnimbus, namun jika cuacanya berada dimusim panas, angin dari laut dan angin dari gunung ini saling bergejolak, sehingga potensi angin kencang dimusim panas tetap ada,” jelas Sirajul, Jum’at (19/02) di Kantor BMKG Tarempa.

Kemudian Sirajul menuturkan, pada saat cuaca musim panas, angin kencang jarang terjadi pada waktu Siang, namun lebih sering terjadi diwaktu Sore, ini terjadi karena ada perbedaan pemanasan di Siang dan Sore hari.

“Untuk 3 hari kedepan Anambas diperkirakan akan terjadi gelombang tinggi yang bisa mencapai 4 meter, dan ini termasuk salah satu kategori gelombang yang cukup tinggi,” ujar Sirajul.

Terakhir Sirajul menghimbau kepada masyarakat, untuk senantiasa tetap waspada meskipun kondisi cuaca di Anambas berada pada musim panas.

“Meskipun cuacanya panas, namun potensi angin kencang dan gelombang tinggi tetap ada”. pungkasnya. (FR).

Editor : Dina