Beranda Kepulauan Riau Anambas Permudah Pelayanan Dokumen Antar Pulau, Ini yang Dilakukan Disdukcapil KKA

Permudah Pelayanan Dokumen Antar Pulau, Ini yang Dilakukan Disdukcapil KKA

33
0
Kepala Disdukcapil Anambas, Agus

Anambas, GK.com – Meskipun Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) dibagi menjadi beberapa Pulau, namun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) KKA tetap lakukan pengurusan dan pembuatan dokumen bagi masyarakat yang tinggal berbeda daratan dengan Kantor Disdukcapil KAA melalui sitem Jemput Bola (Jemput Dokumen).

Kepada awak Media ini, Kepala Disdukcapil KKA, Agus mengatakan, hal tersebut dilakukan agar masyarakat yang tinggal berbeda pulau dengan kantor Disdukcapil bisa tetap mengurus dan membuat dokumen tanpa harus menyebrang menggunakan pompong.

“Ini salah satu cara kita untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat yang tinggal berbeda pulau, dengan begitu, masyarakat tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ongkos untuk ke sini,” ujar Agus, Selasa, (16/02) di Kantor Disdukcapil KKA.

Dijelaskan Agus, sebelum dilakukannya sistem pelayanan Jemput Bola, banyak masyarakat yang mengurus dokumennya dengan cara menitipkan dokumen tersebut kepada kerabat ataupun teman yang tinggal satu daratan dengan Kantor Disdukcapil.

“Dokumen kan milik pribadi, demi menghindari terjadinya kesalahan dan hal yang tidak diingikan lainnya, maka kami terapkan sistem Jemput Bola ini sebagai antisipasinya,” ungkapnya.

Dirinya juga menyebutkan, sistem pelayanan Jemput Bola ini dilakukan di 3 wilayah yang terdiri dari Jemaja, Palmatak, dan Siantan.

“Pelayanan jemput bola ini rutin kami lakukan setiap tahunnya, kita ada 52 Desa dan 2 Kelurahan yang terpisah dengan laut, meskipun begitu, Anambas Alhamdulillah menembus target Nasional,” sebut Agus.

Terakhir Agus mengatakan bahwa, Disdukcapil KKA juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk melakukan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Tak hanya masyarakat, dalam hal ini kami juga turut mengajak remaja-remaja SMA yang sudah berumur 17 Tahun untuk membuat KTP”. pungkasnya. (FR).

Editor : Dina