Beranda Kepulauan Riau Anambas HUT Pomal ke- 75, Danlanal Tarempa Lepas Anak Penyu ke Laut Bersama...

HUT Pomal ke- 75, Danlanal Tarempa Lepas Anak Penyu ke Laut Bersama Bupati KKA

49
0

Anambas, GK.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) yang ke- 75, Danlanal Tarempa bersama Forkopimda Anambas lepaskan anak penyu kembali ke habitatnya, Minggu (14/02) pagi sekitar pukul 08.00 Wib, di Mako Lanal Tarempa.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan, Bupati Anambas Abdul Harris, Danramil 02 Tarempa Kapten DT Hariyanto, Kapolres KKA Cakhyo Dipo Alam, Kepala BMKG Anambas Sirajul, serta Lurah Tarempa Syamsir.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan mengatakan bahwa pelepasan anak penyu ini merupakan salah satu sumbangsih dalam membantu pelestarian lingkungan, terutama bagi penyu.

“Dikesempatan kali ini merupakan sedikit sumbangsih kita dalam membantu pelestarian lingkungan, terutama untuk penyu, karena penyu merupakan salah satu hewan yang harus dilindungi,” ujar Erfan.

Dijelaskan Erfan saat itu, ada sekitar 38 ekor anak penyu yang berumur sekitar 1 Tahun, dimana penyu tersebut sudah mampu dan cukup kuat untuk mencari makan sendiri yang dipelaskan ke habitatnya.

“Jika masih kecil sekali masih berbahaya untuk dilepaskan, tetapi yang berumur 1 tahunan ini sudah mampu dan cukup kuat untuk mencari makan sendiri,” tutur Erfan.

Tak hanya itu, Erfan juga mengatakan, ada penangkaran penyu yang terletak di Letung sebagai upaya pelestarian penyu.

“Karena penyu sudah termasuk hewan langka dan harus dilindungi, maka adanya penangkaran penyu tersebut merupakan salah satu upaya agar pelestarian penyu itu tetap terjaga,” ucapnya.

Terakhir Dirinya mengajak kepada masyarakat agar ikut bersama-sama menjaga serta melestarikan penyu agar tidak terjadi kepunahan pada hewan tersebut.

“Kami berharap serta mengajak masyarakat agar bersama-sama menjaga dan melestarikan penyu, hanya dengan membiarkan penyu hidup dilaut dan tidak merusak habitatnya adalah merupakan salah satu upaya untuk melestarikan penyu”. tutupnya. (FR).

Editor : Dina