Beranda Kepulauan Riau Anambas Halte di Temburun Anambas Terbengkalai

Halte di Temburun Anambas Terbengkalai

430
0

Anambas, GK.com – Sebuah pemandangan tampak mengganjal ketika pergi ke objek wisata Air Terjun Temburun, yakni berdirinya sebuah Terminal yang sampai saat ini masih belum diketahui fungsi dan kegunaannya.

Dari kabar yang beredar, Terminal yang hingga saat ini kondisinya sudah terbengkalai serta tidak terawat itu, dibangun ketika Masykur masih menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup KKA.

Salah satu masyarakat yang tidak ingin disebutkan namanya saat dijumpai oleh Awak Media ini mengatakan, Halte tersebut tidak pernah digunakan oleh masyarakat setempat, karena tidak ada angkutan umum yang melintas.

“Saya belum pernah ya melihat ada masyarakat yang menggunakan Halte itu, soalnya disini angkutan umum tidak ada, lagian disini kalau malam juga gelap, yang ada Halte itu malah digunakan anak-anak muda untuk nongkrong-nongkrong,” ujarnya, Senin (08/02).

“Dari pada bangun Halte seperti itu kan lebih baik bangun yang lain, yang bisa lebih bermanfaat dan bisa digunakan masyarakat umum,” lanjut Warga tersebut.

Sementara itu, Kepala Bidang Darat Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Anambas, Nurullah kepada Media ini menjelaskan bahwa tujuan dibangunnya Terminal tersebut berfungsi sebagai penghubung antar Desa.

“Pada saat pembangunan Terminal itu, saya masih belum menjabat sebagai Kabid disini, tetapi sebenarnya tujuan dibangunnya Terminal ini adalah untuk penghubung antar Desa, namun masyarakat disana lebih banyak memilih menggunakan kendaraan pribadi daripada transportasi Desa,” ujar Nurullah, Selasa (09/02) di Kantor Dishub LH Anambas.

Nurullah juga mengatakan bahwa Terminal tersebut merupakan pembangunan dari DAK.

“Dari informasi yang saya dapat, Terminal itu berasal dari dana DAK, sebenarnya di Kabupaten kita ini untuk Terminal masih belum sangat diperlukan, tetapi dibangun karena kita dapat bantuan dari Pusat,” tuturnya.

Dirinya juga menyebutkan jika dulu ada transportasi Desa yang dikerahkan dari Dishub LH Anambas agar akses masyarakat yang ingin ke Tarempa lebih mudah.

“Dulu Transportasi Desa ke Temburun itu ada, cuma karena masyarakat lebih banyak yang memilih menggunakan kendaraan pribadi, lantas kita juga tidak bisa memaksa, sekarang hanya Transdes dari Arung Hijau ke Tarempa saja di Siantan ini yang masih jalan sampai sekarang”. tutupnya.

Ironis rasanya, daerah yang masih belum banyak masyarakatnya menggunakan kendaraan roda empat, namun disediakan Halte. (FR).

Editor : Febri