Beranda Kepulauan Riau Anambas Tumpukan Sampah Hiasi Laut Desa Sri Tanjung, Yani : Ini Adalah Urusan...

Tumpukan Sampah Hiasi Laut Desa Sri Tanjung, Yani : Ini Adalah Urusan Kita Bersama

76
0
Sampah di laut Desa Sri Tanjung

Anambas, GK.com – Baru saja angin utara dan fenomena La Nina berakhir di Anambas, kini mulai banyak sampah yang timbul di perairan Desa Sri Tanjung.

Dari pantauan Awak Media ini, terlihat banyak sampah-sampah mulai dari sampah plastik, hingga popok bayi terlihat mengapung diatas air.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran, Yani menjelaskan bahwa, sampah yang mengapung tersebut tidak hanya berasal dari laut, tetapi ada juga yang berasal dari darat.

“Ada beberapa Desa yang memang lokasi TPS nya itu berada di pinggir laut, jadi karena hujan ataupun angin, kemungkinan besar run off sampah itu turun ke laut, tetapi untuk Desa Sri Tanjung kami sudah berkoordinasi dengan Sekdes disana, dan dari pihak Desa sendiri akan melakukan gotong-royong nantinya untuk membersihkan sampah-sampah itu,” ujar Yani kepada Awak Media ini, Rabu (20/01) melalui via telepon.

Ia juga mengatakan, pihaknya sudah memantau langsung titik-titik yang memang sering timbul sampah.

“Kemarin saya bersama pak Kadis sudah memantau langsung dua titik yang memang terlihat banyak penumpukan sampah disana, kami juga sudah berkoordinasi dengan Desa setempat untuk membersihkan sampah tersebut,” tuturnya.

“Kami sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, Sekolah-Sekolah, bahkan Kecamatan dan Desa untuk peduli lingkungan sekitar, serta kami juga menghimbau kepada Desa yang berada dipesisir untuk membuat TPS sesuai dengan kriteria agar jika terjadi hujan, run off sampah itu tidak turun ke laut,” jelas Yani.

“Kami mensupport Desa-Desa yang mengadakan gotong-royong untuk pembersihan sampah, dan kami ada menurunkan beberapa tim kami untuk membersihkan sampah-sampah dilaut,” lanjutnya.

Yani berpesan kepada masyarakat untuk sama-sama saling mendisiplinkan diri dan membuang sampah pada tempatnya.

“Sampah merupakan urusan kita bersama, saya juga berharap semoga lautan kita tetap menjadi bersih dan indah”. tutup Yani. (FR).

Editor : Febri