Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang Ratusan Masyarakat Tanjungpinang Terima Sertifikat Tanah Gratis Dari Pemerintah Pusat

Ratusan Masyarakat Tanjungpinang Terima Sertifikat Tanah Gratis Dari Pemerintah Pusat

73
0

Tanjungpinang, GK.com – Melalui Video Conference, Presiden Joko Widodo menyerahkan secara simbolis sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat dalam program Sertifikat Tanah untuk Rakyat se- Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Selasa (5/1).

Sementara itu, di Kota Tanjungpinang, Walikota Tanjungpinang Hj. Rhama, S.IP, Sekda Kota Tanjungpinang Teguh Ahmad Syafari dan Kepala BPN Kota Tanjungpinang Muhammd iskandar turut menyaksikan penyerahan simbolis Sertifikat Tanah tersebut di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kantor Walikota, Senggarang.

Dikesempatan itu, Jokowi menuturkan bahwa, penyerahan Sertifikat tersebut merupakan komitmen Pemerintah untuk mempercepat persertifikatan di seluruh Indonesia.

“Pada hari ini saya akan menyerahkan sebanyak 584.407 Sertifikat Tanah untuk rakyat Indonesia yang tersebar di 26 Provinsi dan 273 Kabupaten/Kota,” ungkap Jokowi.

“Sertifikat ini merupakan bukti kepastian hukum hak atas tanah yang kita miliki,” lanjutnya.

Ia menuturkan, sejatinya target 2020 sebesar 11 juta tanah yang akan disertifikasi, namun karena ada pandemi, realisasinya hanya tercapai 6,8 juta.

“Saya apresiasi kinerja BPN karena selalu melampaui target yang saya harapkan,” ujar Jokowi.

Tercatat pada tahun 2016, Pemerintah telah menerbitkan 1,1 juta sertifikat, tahun 2017 jumlah meningkat menjadi 5,4 juta sertifikat, tahun 2018 mencapai 9,3 juta sertifikat, dan tahun 2019 berjumlah 11,2 juta sertifikat, selanjutnya pada tahun 2020, Pemerintah hanya menerbitkan 6,8 juta sertifikat.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi saat itu diantaranya, Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil dan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko.

Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, seusai menyaksikan virtual tersebut, di hadapan para perwakilan penerima Sertifikat Tanah di Kota Tanjungpinang menyampaikan agar sertifikat tanah tersebut dapat dipergunakan dengan sebaik mungkin, dan bersyukur karena program ini gratis.

“Sertifikat tanah Bapak dan Ibu telah ditangan, pergunakan sebaiknya, dan jangan disalahgunakan. Jika ingin dijadikan jaminan untuk modal usaha, harus diperhitungkan kembali seperti yang disampaikan oleh Presiden, jangan sampai merugikan Bapak dan Ibu, karena salah perhitungan,” kata Rahma.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kantor Pertanahan Kota Tanjungpinang yang telah memfasilitasi dalam pengurusan dan penerbitan sertifikat tanah warga.

“Terima kasih kepada Kantor Pertanahan Kota Tanjungpinang yang telah menerbitkan 375 sertifikat tanah untuk masyarakat Kota Tanjungpinang, kita akan lakukan secara bertahap, sehingga tanah yang ada di Kota Tanjungpinang legal dan jelas kepemilikannya”. pungkas Rahma. (SS).

Editor : Febri