Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang Namanya Dipakai di Rumah Sakit Provinsi, Makam Raja Ahmad Thabib Terbengkalai

Namanya Dipakai di Rumah Sakit Provinsi, Makam Raja Ahmad Thabib Terbengkalai

188
0
Keadaan makam Raja Ahmad Thabib saat dikunjungi Hima Persis Kepulauan Riau

Tanjungpinang, GK.com – Sekitar sepekan yang lalu, tepatnya pada hari Selasa (10/11), Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (Hima Persis) Kepulauan Riau melakukan kunjungan ke Pulau Penyengat atau yang dikenal dengan Pulau Perdamaian, serta berdiskusi bersama para sesepuh di Pulau Penyengat, sembari mencari keberadaan makam dari Raja Ahmad Thabib.

Dikesempatan itu, rombongan Hima Persis Kepri melihat kondisi makam yang dinilai cukup memprihatinkan, bahkan tampak seperti tidak terawat.

“Menurut saya ini sangat miris ketika melihat kondisi makam Raja Ahmad Thabib yang merupakan dokter dan seorang tabib tersebut terkesan diabaikan. Padahal, Raja Ahmad Thabib bin Raja Hasan bin Raja Ali Haji adalah seorang ulama dan tabib. Beliau juga merupakan cucu dari Raja Ali Haji. Seharusnnya ini menjadi perhatian dari Pemerintah, yang mana nama tersebut digunakan dalam penamaan salah satu Rumah Sakit terbesar di Provinsi Kepulauan Riau juga,” ujar Bendahara Umum Hima Persis Kepulauan Riau, Rama.

Diwaktu yang berbeda, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Surjadi saat dijumpai oleh Media ini ketika disinggung terkait hal itu mengatakan, “terkait hal tersebut sudah dilakukan pengecekan ke lokasi makam yang termasuk ke dalam komplek pemakaman umum di Pulau Penyengat,” katanya

“Kita sedang melakukan kajian untuk melihat nanti pemberlakuannya seperti apa selanjutnya, dan akan kita cek kembali,” ucap Surjadi saat di Museum Tanjungpinang, Kamis (19/11) sekitar pukul 11.00 Wib.

Menurutnya, Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) lebih instensif menangani hal seperti ini, dan untuk pemasangan plang pemberitahuan atau kilas sejarah akan di lakukan usai hasil study dari pihak Dinas Pariwisata bersama pihak-pihak terkait selesai. (Mis).

Editor : Febri