Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang Komisi III DPRD Tanjungpinang Sidak Pembangunan Batu Miring di Bantaran Sungai

Komisi III DPRD Tanjungpinang Sidak Pembangunan Batu Miring di Bantaran Sungai

148
0

Tanjungpinang, GK.com – Komisi III DPRD Kota Tanjungpinang melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) terkait laporan warga atas adanya upaya penyempitan atau penimbunan arus sungai di Jalan Kota Piring RT/RW 001/008, Kelurahan Air Raja, Tanjungpinang Timur, Selasa (18/11) sekitar pukul 09.30 Wib.

Dalam Sidaknya, Ashady Selayar Mengingat kan agar warga tidak berurusan dengan hukum, karena dalam hal ini dapat dikaitkan dengan UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

“Kami melihat disini ada upaya penyempitan aliran sungai. Untuk itu, kami meminta hadir perwakilan Pemerintah, yakni Satpol PP dan Dinas Lingkungan Hidup, serta meminta Pemerintah untuk tegas dalam menekankan aturan yang telah dibuat,” ucapnya.

Menurutnya, Pemerintah Kota Tanjungpinang terkait hal ini tidak serius dalam menata Kota Tanjungpinang, khususnya di bantaran aliran sungai Kota Piring.

Ashady kembali menjelaskan bahwa, di sepanjang bantaran sungai seharusnya tidak boleh ada pembangunan. Namun, disini telah dibangun batu miring oleh pemilik tanah, yang mana hal ini sudah menyalahi aturan, meskipun sungai tersebut sudah bersertifikat.

“Upaya untuk mempersempit aliran sungai ini dikhawatirkan akan menjadi penyebab bencana banjir di kemudian hari, sehingga dapat merugikan warga sekitar,” ujar Ashady.

Di sisi lain, pemilik tanah, Ma’aruf menuturkan, “kalau saya salah di mata hukum, maka yang membangun pemukiman di bantaran sungai juga harus di lakukan tindakan atau di berikan hukuman, karena bukan hanya saya yang melakukan itu”. ucapnya. (SS).

Editor : Febri