Beranda Kepulauan Riau Karimun 190 Warga Binaan Rutan Kelas II B TBK Dapatkan Asimilasi

190 Warga Binaan Rutan Kelas II B TBK Dapatkan Asimilasi

95
0

Karimun, GK.com – Sejulmah warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau mendapatkan pembebasan melalui Asimilasi selama masa pandemi Covid-19.

Kepada Awak Media ini, Kasubsi Pelayanan dan Tahanan Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun, Novi Irawan mengatakan, ada sebanyak 190 Narapidana (Napi) yang mendapatkan pembebasan terhitung sejak bulan April sampai 31 Oktober 2020.

“Yang mendapatkan pembebasan itu umumnya adalah kasus pidana umum,” ujarnya, Rabu (7/10) di Ruang Kerjanya.

Novi Irawan menegaskan, tahanan dengan tindak pidana khusus seperti Terorisme, Korupsi, Ilegal Fishing serta kasus Narkoba di atas 5 tahun tidak mendapatkan pembebasan.

“Untuk kategori tahanan khusus memang tidak ada mendapatkan hak pembebasan Asimilasi tersebut,” katanya.

Dikesempatan itu, Novi juga menuturkan bahwa saat ini Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun menampung sebanyak 397 Narapidana.

“Saat ini kami over kapasitas daya tampung, sedangkan daya tampungnya hanya untuk 259 Narapidana,” jelasnya.

Selama masa pandemi, Novi Irawan mengatakan waktu besuk bagi para Narapidana ditiadakan, hal ini diberlakukan demi menghindari penularan Covid-19 di dalam Rumah Tahanan, dan kegiatan yang mengundang narasumber dari luar juga ditiadakan.

“Namun tetap kami fasilitasi pihak keluarga melalui panggilan video dan panggilan suara, dan hanya diperbolehkan untuk keluarga mengantar makanan saja”. pungkasnya. (RC).

Editor : Febri