Beranda Kepulauan Riau Karimun Kejari Kabupaten Karimun Musnahkan Ammonium Nitrat Hasil Rampasan DJBC Kepri

Kejari Kabupaten Karimun Musnahkan Ammonium Nitrat Hasil Rampasan DJBC Kepri

89
0

Karimun, GK.com – Ammonium Nitrat seberat kurang lebih 532 Ton dimusnahkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Karimun, pada Rabu (09/09) sekitar pukul 10.00 Wib di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai khusus Kepulauan Riau, Karimun.

Pemusnahan ini dilakukan dengan cara melarutkan Ammonium Nitrat tersebut kedalam lubang galian hingga menyatu dengan air.

Kepala Kejari Kabupaten Karimun, Rahmat Azhar dikesempatan itu mengatakan, “Ammonium Nitrat ini didapat dari hasil penindakan yang sudah kami tahan selama kurang lebih 8 Tahun.

“Pemusnahan kali ini juga sudah dapat dipastikan aman untuk lingkungan hidup serta tidak mengandung limbah P3,” ucapnya.

Diwaktu yang sama, Kepala Pusat Pemulihan Aset Kejaksaan Agung, Agnes Triani mengatakan, pemusnahan kali ini merupakan komitmen nyata atas tegasnya penindakan yang dilakukan DJBC khusus Kepri.

“Kami atas nama pribadi Kejaksaan Agung menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mencurahkan pikiran dan tenaga untuk pemusnahan Ammonium Nitrat kali ini,” tuturnya.

Ammonium Nitrat tersebut bermula diimpor sebagai pupuk, namun ternyata bisa juga menjadi bahan peledak untuk digunakan di pertambangan.

Sementara itu, Kepala Kanwil DJBC khusus Kepri, Agus Yulianto, “ini merupakan tugas kita bersama, karena pada 4 Agustus kemarin telah terjadi ledakan di Beirut yang berasal dari Ammonium Nitrat dan kita juga sudah mengadakan Rapat dan menyepakati proses pemusnahan Ammonium Nitrat ini”. katanya.

Pada kesempatan itu, Ia juga berharap agar kerjasama ini dapat terus berlangsung dalam Hal Penegakan Hukum serta menjadi koordinasi untuk terus bersama-sama menindak lanjuti pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan di Provinsi Kepulauan Riau.

Turut hadir saat itu, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepulauan Riau, Sudarwidadi, Asisten Intelijen Kejati Kepri Agustian Sunaryo, Kepala Pusat Pemulihan Aset Kejaksaan Agung Agnes Triani, Kepala Kanwil DJBC khusus Kepri Agus Yulianto, Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim, Kepala Kejari Kota Tanjungpinang Ahelya Abustam, Kepala Kejari Kabupaten Karimun Rahmat Azhar, Kepala Satuan Brimob Polda Kepri, Kombes Pol Christiyanto Goetomo, Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Karimun Sugianto, serta Direktur PT. Dahana dan Direktur PT. Mirasindo Persana. (FR).

Editor : Febri