Beranda Kepulauan Riau Karimun Karimun Optimalkan Penggunaan Aplikasi E-HAC

Karimun Optimalkan Penggunaan Aplikasi E-HAC

190
0

Karimun, GK.com – Sejumlah aplikasi hadir untuk membantu para pelaku perjalanan, salah satunya adalah aplikasi Electronic Heatlh Alert Card (E-HAC) Indonesia, atau dengan kata lain Kartu Kewaspadaan Kesehatan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit yang merupakan versi modern dari kartu manual yang sempat digunakan sebelumnya.

Tidak luput dari tugas dan fungsinya, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tanjung Balai Karimun juga turut menerapkan aplikasi tersebut di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, baik perjalanan Internasional maupun domestik dari Daerah terjangkit Covid-19.

Kasi Pengendalian karantina dan Surveilans Epidemologi, Amzal mengatakan, tujuan diterapkannya aplikasi E-HAC ini adalah untuk memonitoring secara cepat terhadap seluruh calon pengunjung yang akan datang ke Tanjung Balai Karimun melalui pintu gerbang Pelabuhan.

“Data yang diisi oleh pelaku perjalanan juga akan secara otomatis masuk ke Dinas Kesehatan untuk mengakses informasi pelaku perjalanan, dan ini bersifat Nasional, karena penggunaannya sangat mudah dan cepat, tentunya dapat memangkas waktu dalam antrian pemeriksaan kesehatan, hanya berdurasi sekitar 5 menit untuk mengisinya dan 2 detik untuk discan oleh petugas,” terang Amzal di Kantornya, Rabu (2/09) Siang.

Disampaikan Amzal, sebagai bentuk sosialisasi penggunaan aplikasi E-HAC kepada masyarakat, pihaknya sudah memasang Vidiotron serta spanduk di Pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun.

“Tentunya disini masyarakat dapat mengunduh aplikasi E-HAC dengan mudah di Google Playstore. Jika kurang paham, masyarakat bisa mengakses di Youtube tentang cara penggunaannya”. tutupnya. (RC).

Editor : Febri