Beranda Kepulauan Riau Karimun 30 Hari Kedepan, BPS Karimun Lakukan Door to Door Mendata Penduduk

30 Hari Kedepan, BPS Karimun Lakukan Door to Door Mendata Penduduk

578
0

Karimun, GK.com – Terhitung sejak tanggal 1 hingga 30 September 2020, secara door to door Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karimun melakukan pendataan Sensus Penduduk tahun 2020 (SP2020).

Penanggung jawab kegiatan Sensus Penduduk Tahun 2020, Hari Partakoesoema, S.ST kepada Awak Media ini mengatakan, kegiatan sensus penduduk Tahun 2020 mengalami perbedaan pada tahun-tahun sebelumnya, salah satunya penggunaan metode kombinasi, yaitu mengkombinasikan data administrasi yang merupakan data dari Ditjen Dukcapil untuk di verifikasi kesesuai dengan kondisi di lapangan tanpa wawancara yang detail.

“Melalui kegiatan inilah kita bisa tau jumlah penduduk berdasarkan domisili mereka tinggal, jenis kelamin, usia, dan lain-lain secara de facto, yaitu faktanya dan de jure yaitu keterangan sesuai data administrasi, hal ini akan membantu Pemerintah Daerah dalam menyusun program kependudukan dan sosial, serta sebagai langkah awal Pemerintah untuk mewujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia,” terangnya, Selasa (01/09) Sore di Kantornya.

Saat itu, Hari juga menjelaskan, untuk petugas sensus penduduk, dibandingkan dengan rancangan sebelumnya memiliki perubahan terhadap penyesuaian di masa pandemi, termasuk jumlah petugas di lapangan, yaitu petugas Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka) sebanyak 17 orang yang melakukan pengawasan terhadap petugas sensus Kabupaten Karimun, dan untuk petugas sensus sebanyak 192 orang.

“Selain kedua petugas itu, ada juga petugas khusus Task Force sebanyak 7 orang, yang didata itu bukan penduduk yang dirumah, namun pendataan di lingkungan barak Militer, Lapas, dan yang tidak memiliki rumah,” jelasnya.

“Pada saat Sensus di tanggal 15 September nanti, akan dilakukan penyisiran ke wilayah yang ada gelandangan, serta orang gilapun kami data, meskipun tidak tau namanya, tetapi jumlahnya harus kita ketahui,” lanjut Hari.

Ia berharap masyarakat maupun petugas agar tetap menjaga kesehatan dan keselamatan, para petugas Sensus juga telah dibekali dengan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, face shield, sarung tangan, handsanitizer, dan sebelum turun ke lapangan juga sudah melakukan rapid test.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, karena petugas-petugas kita sudah dilengkapi dengan perlengkapan tersebut, dan sudah diperiksa kesehatannya dan mohon dibantu untuk pengisian data tersebut”. tutupnya. (RC).