Beranda Kepulauan Riau Karimun New Normal Merubah Pelayanan, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun Gelar...

New Normal Merubah Pelayanan, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun Gelar Sosialisasi

132
0

Karimun, GK.com – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun melakukan kegiatan sosialisasi mengenai Layanan Keimigrasian dalam Tatanan Kenormalan Baru (New Normal) kepada sejumlah penjamin Warga Negara Asing (WNA) serta memberikan informasi pelayanan izin pembuatan paspor kepada pihak-pihak terkait, di Hotel Aston Karimun, Kamis (6/8) pagi.

Dalam meningkatkan pelayanan permohonan Visa/Izin tinggal dan permohonan pembuatan paspor pada masa pandemi Covid-19, Dektorat Jendral Imigrasi telah mengeluarkan Program baru yang tentunya dapat mempermudah proses dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan.

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Kristian yang saat itu bertindak sebagai narasumber mewakili Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun menjelaskan, setiap izin tinggal yang dimiliki oleh warga asing yang ada di wilayah Indonesia, apabila masih bisa diperpanjang, maka harus diperpanjang. Namun jika tidak bisa diperpanjang dan habis masa berlakunya, serta tidak ada kegiatan lain, maka yang bersangkutan dapat meninggalkan wilayah Indonesia sebelum tanggal 20 Agustus 2020.

“Jika warga asing tersebut masih ingin tinggal dan masih ada kegiatan, dapat mengajukan permohonan Visa baru secara online,” jelas Kristian.

“Untuk pengajuan passport dibawah 50 pemohon dapat mengajukan secara online melalui aplikasi “Apapo” seperti biasa, untuk program Eazy Paspor ini dapat diajukan dengan minimal pemohon paspor sebanyak 50 pemohon,” katanya.

Sedangkan untuk melakukan verifikasi data dan penentuan lokasi wawancara hingga pengambilan foto, Kristian menegaskan kepada peserta yang hadir harus tetap memperhatikan protokol kesehatan, baik bagi para petugas, maupun pemohon, selanjutnya pengambilan passport dapat dilakukan secara mandiri atau dikirim melalui PT Pos.

Ditempat yang sama, Humas Kantor Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun, Bayu menyampaikan bahwa, untuk melaksanakan permohonan izin paspor tentunya dengan Kepala Kantor Imigrasi yang nantinya bisa dibicarakan lebih lanjut terkait prosesnya, siapa saja pesertanya, serta pelampiran data untuk melakukan verifikasi data.

“Nanti proses penyelesaiannya dapat dilakukan dalam 3-4 hari kerja,” terang Bayu.

Dalam mengantisipasi adanya permohonan Tenaga Kerja Ilegal (TKI), tim lapangan juga akan melakukan penelusuran terhadap Dinas terkait seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) setempat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kesbangpol Karimun, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Industri Karimun, Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Kapolres Karimun, Perwakilan Kodim dan Perwakilan Danlanal Karimun. (RC).

Editor : Febri