Beranda Advetorial Pemko Tanjungpinang Dukung Pilkada Serentak 2020 Pada 9 Desember Mendatang

Pemko Tanjungpinang Dukung Pilkada Serentak 2020 Pada 9 Desember Mendatang

145
0

Tanjungpinang, GK.com – Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak se- Indonesia, Pemerintah Kota Tanjungpinang bersama FKPD, KPUD dan Bawaslu Kota Tanjungpinang melakukan pembahasan terkait kesiapan pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah (Gubernur) di Kota Tanjungpinang yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Rapat yang dilaksanakan di Ruang Raja Haji Fisabilillah, Kantor Walikota Tanjungpinang itu, dipimpin langsung oleh Plt Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma, S. IP serta diikuti unsur Forkompinda, KPUD Tanjungpinang, Bawaslu Kota Tanjungpinang serta Kepala OPD terkait.

Pada saat itu, Ketua KPU Tanjungpinang, Aswin Nasution memaparkan terkait pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, bahwa KPU saat ini sudah membentuk PPK, PPL, KPPS dan PPDP yang akan bertugas di setiap TPS sebanyak 443 TPS. 

“Untuk pendaftaran Masa Paslon pada Pilkada 2020 di Kota Tanjungpinang akan berlangsung di KPUD Provinsi Kepri dan Pihak KPUD Kota Tanjungpinang hanya memberikan dukungan terkait masa kampanye yang dimulai pada Tanggal 26 September hingga 5 Desember 2020, sebagai salah satu tahapan Pilkada dan hari pemilihan pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang,” ujar Aswin, Jumat (3/7) sekitar pukul 10.00 Wib.

Terkait anggaran KPU yang berasal dari dana Hibah Pemerintah dan DIPA, Pilkada Gubernur Kepri hanya dapat penambahan Anggaran dari APBN sebanyak Rp 822.987.000,- guna pembiayaan APD standar Protokol Kesehatan Covid-19. 

Plt Wali Kota Tanjunngpinang saat memberikan arahan

“Sekarang yang menjadi permasalahan kita di KPU bahwa, dengan anggaran yang sangat kurang untuk mengadakan APD saat ini yang harganya cukup mahal, tentunya ini tidak mencukupi untuk APD anggota KPU saat berada dilapangan. Kami butuh solusi dari Plt Wali Kota,” ungkap Aswin. 

Sementara itu, dalam arahannya, Plt Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma, S. IP mengatakan bahwa, Pemerintah Kota Tanjungpinang siap mendukung dan mensukseskan Pilkada 9 Desember mendatang, khususnya pada pemilihan Gubernur Kepri.

“Artinya, dukungan ini kami berikan agar pelaksanaan Pilkada yang menganut azas langsung, umum, bebas dan rahasia (Luber) di Kota Tanjungpinang dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan, dan tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku,” ucap Rahma. 

Disampaikan Rahma, Pemerintah Kota Tanjungpinang akan menjalankan tugas, fungsi dan perannya sesuai dengan kapasitasnya selaku penyelenggara Pemerintahan, dan akan segera mencari solusi terkait permasalahan yang terjadi di KPU. 

“Oleh karena itu, melalui pertemuan ini, saya berharap akan terjalin sinergitas antara Pemerintah Daerah, FKPD, panitia pelaksana dari KPUD dan pengawas dari Bawaslu, khususnya terkait keamanan, kesehatan, anggaran dan mengantisipasi lokasi yang rentan konflik, harus kita bahas secara matang dan terencana, agar pelaksanaan Pilkada nanti dapat berjalan lancar,” tutur Rahma. 

Foto bersama

Dipenghujung Rapat, dilakukan pembahasan terkait pelaksanaan Upacara Peringatan HUT Republik Indonesia di Kota Tanjungpinang. Adapun panitia pelaksana dalam Upacara HUT RI ke-75 Tahun 2020 mendatang akan dilaksanakan oleh Wing Udara I, bersama Yonmarhanlan dan Pomal. 

Rahma menambahkan bahwa pelaksanaan Upacara peringatan HUT RI Tahun 2020 ini akan banyak perubahan, terutama saat pelaksanaan di lapangan hingga aturan protokol kesehatan yang berlaku. 

“Dimasa pandemi saat ini, dalam pelaksanaan upacara HUT RI nanti kita harus lakukan dengan baik dan sesuai protokol kesehatan, saya berharap pada saat pelaksanaan nanti baik panitia, maupun undangan yang hadir harus memperhatikan protokol kesehatan”. tutup Rahma. (Mis).

Editor : Febri