Beranda Kepulauan Riau Batam BP Batam Warnai Bulan Ramadhan Dalam Bingkai Kegiatan Sosial Dan Keagamaan

BP Batam Warnai Bulan Ramadhan Dalam Bingkai Kegiatan Sosial Dan Keagamaan

55
0

Batam, GK.com – Makna bulan Ramadhan tentunya sangat istimewa bagi umat Islam, segala jenis amal ibadah dan segala jenis perbuatan baik yang didasari karena Allah SWT akan mendapatkan ganjaran dan pahala yang berlipat ganda. Hal ini pula yang ditanamkan Badan Pengusahaan (BP) Batam, melalui wadah Badan Koordinasi Dakwah Islam (BKDI) dengan merangkai kegiatan sosial dan keagamaan dalam satu semangat kebersamaan di tengah pandemik Virus Corona (Covid-19) yang tengah mewabah.

Meski Bulan Ramadhan kali ini mengalami keterbatasan karena pendemik Covid-19, namun BKDI BP Batam secara kontinyu melaksanakan kegiatan sosial dan keagamaan.

Bagi BKDI BP Batam, adanya pandemik Covid-19, tidaklah menyurutkan semangat untuk melaksanakan kegiatan Ramadhan, justru ini mendorong untuk saling membantu dan peduli antar sesama.

Melalui arahan dan harapannya, Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengatakan, di bulan Suci Ramadhan ini, di mana dalam kondisi dan situasi pandemik Covid-19, BP Batam diharapkan lebih mempererat tali silaturahim dan ukhuwah dengan masyarakat.

Terkait dengan itu pula, para pegawai BP Batam bergerak bersama secara sukarela untuk mengumpulkan infaq dan sodaqoh yang dananya ini digunakan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dan anak-anak yatim piatu.

Rangkaian kegiatan Ramadhan yang diinisiasi oleh BKDI BP Batam, tak melulu untuk internal, penyaluran pada pihak luar juga dilakukan, antara lain penyerahan Bingkisan Ramadhan kepada para guru TK BKDI, imam dan marbot masjid, serta pegawai outsourcing dan tenaga cleaning service di lingkungan BP Batam.

Selain itu, dilakukan juga pemberian paket buka puasa dan santunan kepada anak yatim-piatu untuk sejumlah panti asuhan.

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Kegiatan Ramadhan 1441 H/2020 M Dendi Gustinandar merincikan penyerahan bingkisan Ramadhan dengan jumlah masing-masing yaitu, 7 paket untuk Guru TK BKDI, 119 paket untuk imam dan marbot di 37 masjid, 880 paket untuk pegawai outsourcing dan tenaga cleaning service. Santunan berupa uang tunai dan paket berbuka puasa untuk 800 anak asuh di 16 panti asuhan di Batam.

Untuk meningkatkan wawasan keimanan dan ketaqwaan pegawai, BKDI BP Batam menyelenggarakan tausyiah online yang disiarkan langsung melalui media sosial Youtube dan Facebook BP Batam, bahkan tausiyah ini juga disiarkan langsung di Radio Serumpun 91,7 FM sehingga masyarakat juga dapat mendengarkannya.

Tausyiah online ini menghadirkan 18 penceramah, dua di antaranya dari Jakarta. Dengan mengusung 22 tema. Sementara untuk jadwal tausiyah dilaksanakan pada setiap Senin hingga Kamis usai Sholat Dzuhur di Masjid BJ Habibie BP Batam. Selain itu, ada 4 penceramah yang mengisi tausiyah dalam Program “Ngobras” (Ngobrol Santai Bareng Humas) yang kemudian ditayangkan dalam kanal Youtube BP Batam.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi, menmberikan apresiasi yang mendalam kepada para pegawai BP Batam dan BKDI untuk menjadi motor penggerak kegiatan social-keagamaan di lingkungan BP Batam yang menyentuh kepada masyarakat kurang mampu.

“Tentunya kami sangat berterima kasih kepada seluruh karyawan BP Batam yang telah berinfaq dan bersadaqah melalui BKDI BP Batam, sehingga melalui kegiatan tersebut, terjalinlah kebersamaan, tidak hanya antar pegawai, namun juga kepada masyarakat Batam yang membutuhkan,” ujar Muhammad Rudi.

Muhammad Rudi juga berencana untuk mengembangkan BKDI BP Batam dapat menyediakan layanan zakat untuk mempermudah pembayaran zakat mal bagi pegawai BP Batam yang saat ini masih dilakukan secara individu.

“Kalau di Pemerintah Daerah sudah ada klausul yang mengatur pengumpulan zakat tersebut. Jadi prosesnya tidak individu lagi, akan dibantu oleh BKDI, jika sudah terkumpul, nantinya akan kita serahkan langsung kepada Badan Amil Zakat Nasional,” terangnya.

“Semoga BKDI dapat terus eksis dan memaksimalkan pelayanan sosial-keagamaan di lingkungan BP Batam, agar kegiatan sosial terus berjalan bagi masyarakat Kota Batam yang membutuhkan,” harapnya.

Sejatinya Ramadhan hanya sebuah instrumen yang Allah berikan kepada manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Harapan besarnya adalah agar setiap insan beriman akan merasakan manfaat, baik dunia maupun akhirat.

Urusan puasa ini bukan sekadar menahan haus dan laparnya fisik, akan tetapi ia adalah latihan jiwa. Menempanya menjadi lebih peka dalam kebaikan, menjadi jiwa-jiwa yang selalu belajar untuk mau berbagi.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Mohon maaf lahir dan batin. Taqobbalallahu minnaa wa minkum, shiyamana wa shiyamakum. Ja’alanallaahu Minal ‘Aidin wal Faizin. (Hms/Red).

Editor : Febri