Beranda Kepulauan Riau Bintan Termasuk Zona Hijau, Shalat Idul Fitri di Bintan Tetap Dilaksanakan

Termasuk Zona Hijau, Shalat Idul Fitri di Bintan Tetap Dilaksanakan

226
0

Bintan, GK.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri yang kurang dari dua pekan lagi, Pemerintah Kabupaten Bintan menerbitkan Surat Edaran tentang pelaksanaan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 2 Syawal 1441 H/2020 Mdalam situasi pandemik Covid-19 di Kabupaten Bintan, Jum’at (15/5).

Dalam Surat Edaran tersebutdisampaikan bahwa, dalam kondisi Covid-19 terkendali, umat Islam wajib menyelenggarakan Shalat Jum’at, Shalat lima waktu, Shalat Tarawih dan Shalat I’ed berjamaah di Masjid, dengan ketentuan :
a) Jamaah Masjid, Surau/Mushola terdiri dari warga yang berdomisili di sekitar Masjid, Surau/Mushola.
b) Jamaah dari luar kampung tidak diperkenankan Shalat di Masjid, Surau/Mushola yang berada diluar tempat tinggalnya.
c) Jamaah yang baru melakukan perjalanan keluar daerah, diminta untuk Shalat di rumah masing-masing.
d) Jamaah dari luar daerah tidak diperkenankan Shalat di Masjid, Surau/ Mushola

Dalam Pelaksanaan Ibadah sebagaimana dimaksud, baik pengurus maupun para jamaah wajib mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah, seperti menyediakan scan suhu tubuh, menggunakan masker, menyediakan hand sanitizer, membawa sajadah masing-masing, tidak berjabat tangan, serta menjaga jarak (sosial distancing).

Pelaksanaan Shalat Jum’at dan Idul Fitri tersebut diminta kepada Khatib agar mempersingkat Khutbahnya, dengan durasi antara 7 hingga 10 menit, serta Imam membaca maksimal 20 ayat dan paling sedikit 3 ayat pendek.

Selain pelaksanaan Ibadah, dalam Surat Edaran tersebut juga disebutkan pula himbauan untuk tidak melaksanakan pawai dan Takbir keliling. (Red).

Editor : Febri