Beranda Kepulauan Riau Batam Bertambah Lagi 3 Pasien Positif Covid- 19 di Kota Batam, Wali Kota...

Bertambah Lagi 3 Pasien Positif Covid- 19 di Kota Batam, Wali Kota Batam Yakini Sedang Terjadi Transmisi Lokal

691
0

Batam, GK.com – Pasien positif Covid-19 di Kota Batam kembali mengalami penambahan sebanyak 3 orang, yang mana Wali Kota Batam, Muhammad Rudi meyakini bahwa kasus tersebut merupakan transmisi lokal pada cluster Kantor dimana para ASN tersebut bertugas.

Pasalnya, 3 orang warga Kota Batam yang terkonfirmasi positif tersebut, merupakan 1 orang laki-laki berstatus ASN dan 2 orang perempuan berstatus ASN dan Guru di salah satu Sekolah Swasta.

“Sesuai dengan gambaran dari kasus-kasus sebelumnya dan hasil tracing yang telah dilakukan oleh Tim medis, dapat kami sampaikan bahwa saat ini Kota Batam semakin diyakini telah terjadi kasus transmisi lokal, dengan kasus terbanyak pada cluster Kantor dimana ASN tersebut bertugas,” ujar Muhammad Rudi, pada keterangan Persnya, Selasa (14/4).

“Hasil pemeriksaan sample swab yang diperoleh dari BTKL PP Batam, seorang laki-laki berusia 42 tahun, warga Kota Batam yang pertama terkonfirmasi positif beralamat di kawasan Batam Centre, memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta bersama rekan sekantornya, dan juga merupakan rekan satu kantor dengan kasus ke-7 dan ke-8,” papar Rudi.
Dijelaskan Rudi, sebelumnya pasien tersebut bersama rekan kerjanya yang lain melakukan Rapid Diagnostic Test (RDT) di salah satu Puskesmas dengan kesimpulan hasil Reaktif dan diedukasi oleh Tim Medis Puskesmas untuk melaksanakan Self Isolation atau karantina mandiri dirumahnya, karena kondisi tubuh masih sehat pada umumnya.

“Pada saat pasien tersebut kembali melakukan pemeriksaan sample swab yang diterima pada Senin lalu, dinyatakan bahwa hasil terkonfirmasi Pasien tersebut adalah Positif, sehingga ditetapkan sebagai kasus baru Nomor 13 Kota Batam berdasarkan hasil anamnesa, padahal pasien positif tersebut hanya mengeluh keadaan tenggorokannya terasa sedikit gatal yang diikuti dengan batuk ringan, namun keadaan umum fisiknya terlihat sehat dan stabil, sehingga kini pasien positif tersebut telah melakukan perawatan di Ruang Isolasi Rumah Sakit rujukan RSBP Batam,” ungkapnya.

Sementara itu, lanjut Rudi, seorang perempuan warga Kota Batam berusia 39 tahun yang merupakan seorang Guru di salah satu Sekolah Swasta di Kawasan Sukajadi Batam Centre, beralamatkan di kawasan Perumahan Kecamatan Sei Beduk, juga terkonfirmasi positif Covid-19, karena pernah kontak dekat dengan kasus terkonfirmasi positif ke- 4 yang merupakan rekan kerjanya sesama Guru di Sekolah yang sama.

“Sesuai dengan hasil tracing yang diperoleh melalui kasus positif ke- 4 ini, pada hari Rabu 8 April lalu, Tim medis di salah satu Puskesmas Kota Batam, melakukan RDT dengan kesimpulan hasil Reaktif dan dilanjutkan dengan edukasi untuk dapat melaksanakan Self Isolation atau karantina mandiri dirumahnya,” kata Rudi.

“Kemudian pada hari Jum’at, tanggal 10 April 2020, Tim BTKLPP melakukan pengambilan sample swab yang infonya baru diterima pada hari Senin malam, pada tanggal 12 April dengan hasil terkonfirmasi positif, sehingga selanjutnya ditetapkan sebagai kasus baru ke- 14 Kota Batam,” terang Rudi.

Disampaikan Rudi, sesuai dengan konfirmasi tersebut, yang bersangkutan telah menjalani isolasi rawat inap di Ruang Isolasi atau PIE RSBP Batam, guna penanganan lebih lanjut meskipun dengan kondisi stabil.

Selanjutnya, Rudi menjelaskan terkait terkonfirmasinya, pasien positif Covid-19 sebagai kasus ke- 15 yang merupakan seorang perempuan, warga Kota Batam berusia 33 tahun, berstatus ASN, yang beralamatkan di kawasan Batam Centre dan tidak memiliki riwayat perjalanan keluar kota, namun pasien positif tersebut juga merupakan rekan satu kantor dengan kasus ke- 7, 8, dan 13.

“Sehubungan telah ditetapkannya terkonfirmasi positif rekan sekantornya itu, pasien bersama rekan sekerjanya yang lain melakukan pemeriksaan sample swab di salah satu Rumah Sakit Swasta di kawasan Batam Centre, kemudian didapatkan informasi bahwa atas nama pasien perempuan tersebut dengan hasil terkonfirmasi positif dan ditetapkan sebagai kasus baru ke-15 di Kota Batam berdasarkan hasil anamnesa dan langsung dilakukan perawatan di Ruang Isolasi Rumah Sakit rujukan RSBP Batam guna mendapat penanganan medis,” tutur Rudi.

“Dengan perkembangan situasi dan kondisi saat ini, Tim kami masih terus bekerja secara optimal guna melakukan proses kontak tracing terhadap semua orang yang telah kontak dengan kasus sebelumnya, maupun kasus yang saat ini”. tutup Rudi. (Hms/Red).

Editor : Febri