Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang DPRD bersama Pemko Tanjungpinang Anggarkan Rp 19 Miliar Dalam Penanganan Sosial Ditengah...

DPRD bersama Pemko Tanjungpinang Anggarkan Rp 19 Miliar Dalam Penanganan Sosial Ditengah Covid-19

193
0

Tanjungpinang, GK.com – DPRD Kota Tanjungpinang bersama Pemerintah Daerah menganggarkan dana penanggulangan Covid-19 untuk Kota Tanjungpinang sekitar Rp 31,4 Miliar.

Berdasarkan paparan yang disampaikan oleh Ketua DPRD Tanjungpinang, Yuniarni Pustoko Weni, dana tersebut akan dibagi dalam beberapa bagian, diantaranya untuk penanganan kesehatan, ekonomi dan sosial.

“Yang jelas, dalam penetapan anggaran ini, tidak melebihi jangka waktu yang ditentukan oleh Kementerian Dalam Negeri, yaitu tidak lebih dari tanggal 9 bulan ini,” jelas Weni, Rabu (8/4) sore, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Tanjungpinang, Senggarang.

“Semoga apa yang diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan secepatnya dana tersebut dapat dimanfaatkan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP menyebutkan bahwa, anggaran sebesar Rp 31,4 miliar tersebut sudah termasuk bagian dari anggaran yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kepri sebanyak Rp 750 juta.

“Saya mewakili Wali Kota dan Pemerintah Kota Tanjungpinang, setelah melalui beberapa rapat sebelumnya, akhirnya kami telah sepakati bersama dengan DPRD dalam penganggaran dana penanggulangan Covid-19 ini sebesar Rp 31,4 miliar.

Dengan jumlah anggaran mencapai Rp 31,4 miliar ini, menurut Rahma masih belum memungkinkan untuk mencukupi kebutuhan dalam menangani wabah Covid-19 saat ini.

“Saya rasa anggaran ini tidak cukup, karena ini kita kondisikan selama 3 bulan, tapi rencananya akan ada bantuan dari Provinsi yang mudah-mudahan nantinya dapat mencukupi”. pungkasnya.

Adapun rincian dana yang diperoleh dari pagu anggaran, diantaranya adalah berasal dari refocussing program kegiatan SKPD sebesar Rp 14.4 miliar, pergeseran bansos ke belanja tidak terduga sebesar Rp 700 juta, pagu belanja tidak terduga sebesar Rp 1 miliar, rasionalisasi perjalanan Dinas Luar Daerah sebesar Rp 14.6 miliar dan bantuan Keuangan Provinsi Kepulauan Riau sebesar Rp 750 juta.

Sementara, untuk rincian dalam peruntukan anggaran tersebut yakni, untuk penanganan kesehatan sebesar Rp 10.214.980.000,- untuk penanganan dampak ekonomi sebesar Rp 2.000.000.000,- dan untuk penyediaan Social Safety Net/Jaring Pengaman Sosial sebesar Rp 19.284.104.000,- (Mis).

Editor : Febri