Beranda Kepulauan Riau Batam Thermal Detector Standby di Bandara Hang Nadim, Batam

Thermal Detector Standby di Bandara Hang Nadim, Batam

32
0

Batam, GK.com – Bandar Udara Internasional Hang Nadim, bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Batam mulai menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh (Thermal Detector), Senin (16/3) untuk semua penumpang pesawat Domestik maupun  Internasional.

Hal ini dilakukan guna mengantisipasi dan sebagai upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) agar tidak masuk ke Wilayah Batam.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara dan Teknologi Informasi dan Komunikasi BP Batam, Suwarso menuturkan bahwa penggunaan alat pendeteksi suhu tubuh ini telah diterapkan terlebih dahulu pada penumpang dengan tujuan penerbangan Internasional.

Baca juga :

http://gerbangkepri.com/2020/03/16/antisipasi-covid-19-bp-batam-lakukan-cek-suhu-tubuh-pegawai-dan-pengunjung/

http://gerbangkepri.com/2020/03/16/cegah-covid-19-polda-kepri-usai-apel-pagi-lakukan-pemeriksaan-suhu-tubuh/

 

“Thermal Detector ini digunakan oleh Bandara Hang Nadim, Batam pada pintu kedatangan penerbangan Internasional sekitar lima Tahun yang lalu. Hal ini dikarenakan Batam merupakan salah satu Kota Embarkasi dan Debarkasi jemaah Haji di Indonesia. Sedangkan untuk penerbangan domestic, penggunaan alat tersebut sudah kami laksanakan sejak pagi tadi, per hari ini,” jelas Suwarso.

“Selain menggunakan Thermal Detector, pengecekan suhu tubuh ini juga dilakukan secara manual dengan menggunakan Thermal Gun bagi penumpang yang datang ke Batam,” ungkapnya.

“Untuk pengecekan sementara masih dilakukan di pintu kedatangan, karena status Batam saat ini dinyatakan masih negatif Corona, sehingga diprediksi penyebaran virus datang dari luar Batam. Namun apabila ada perkembangan lain yang mengharuskan Thermal Detector dipasang di pintu keberangkatan, maka akan segera ada tindakan lebih lanjut,” tegasnya.

Ditambahkan Direktur BUBU dan TIK Suwarso, sampai saat ini belum ditemukan penumpang Domestik maupun Internasional yang suhu tubuhnya melebihi 38 derajat celcius. Apabila nantinya ditemukan penumpang dengan suhu tubuh yang tinggi, maka pihaknya akan segera melakukan evaluasi di ruangan khusus yang ada di Bandara, serta berkoordinasi dengan Rumah Sakit Rujukan Penanganan Covid-19 di Kota Batam.

“Kami juga telah menyediakan fasilitas penunjang kesehatan lainnya, seperti Hand Sanitizer di pintu keberangkatan, serta meningkatkan kebersihan di Bandara sesuai dengan instruksi pimpinan”. ucap Suwarso.

Ia juga berpesan kepada para penumpang di pintu kedatangan agar jangan takut dan panik, serta selalu mengikuti instruksi petugas Bandara untuk melewati Thermal Detector sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19 di Batam. (Red/Hms).

Editor : Milla