Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang Menjadi Wadah Untuk Menampung Aspirasi Anak, Kepengurusan Forum Anak Tanjungpinang Dikukuhkan

Menjadi Wadah Untuk Menampung Aspirasi Anak, Kepengurusan Forum Anak Tanjungpinang Dikukuhkan

45
0

Tanjungpinang, GK.com – Bertempat di Hotel CK Tanjungpinang, Kepengurusan Forum Anak dan Fasilitator Forum Anak Kota Tanjungpinang periode 2020-2022 dikukuhkan.

Kepala Bidang Perlindungan Anak DP3APM Kota Tanjungpinang, Elvi Arianti, S.Pt, M.Si dalam laporan kegiatannya menyampaikan, forum anak ini bertujuan untuk mewujudkan anak-anak sebagai generasi muda yang berkualitas dan sebagai wadah menampung aspirasi anak, memberikan pemahaman dan pentingnya anak sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) serta mempererat silahturahmi Anak-Anak se-Kota Tanjungpinang.

“100 orang turut mengikuti kegiatan ini sebagai Peserta yang terdiri dari, Pengurus dan anggota Forum Anak Kota Tanjungpinang, serta anak se-Kota Tanjungpinang dari berbagai jenjang pendidikan di antaranya SD, SMP dan SMA,” ungkap Elvi, Minggu (15/3) Pagi.

 

Baca Juga :

Forum Anak DP3APM Gelar PERSAMI, Elvi :Tumbuhkan Generasi Emas Cinta Lingkungan

 

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul S.Pdyang mengukuhkan kepengurusan tersebut, dalam sambutannya mengatakan kebijakan Pemerintah di bidang partisipasi anak adalah pembentukan wadah-wadah partisipasi anak sebagai media untuk mendengarkan dan menyalurkan aspirasi, pendapat dan harapan anak sebagai bentuk partisipasi anak dalam proses pembangunan.

“Saya harapkan kepada OPD Kota Tanjungpinang agar dapat ikut melibatkan Forum Anak dalam berbagai kegiatan, dapat pula mengembangkan pusat kreativitas anak seperti taman bermain, Pusat Olahraga, Budaya, dan Seni,”harapnya.

“Para Camat dan Lurah juga kiranya dapat menganggarkan sebagian Alokasi Dana Kelurahan (ADK) untuk pengembangan kegiatan Forum Anak maupun Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) yang sudah terbentuk di masing-masing Kelurahan sesuai aturan yang berlaku, dalam upaya pencegahan kekerasan terhadap anak,” ungkapnya.

Diakhir sambutannya, Syahrul mengapresiasi kegiatan-kegiatan Forum Anak Kota Tanjungpinang selama ini, yang sudah menunjukkan nilai-nilai positif di tengah masyarakat, baik dalam kegiatan sosial, budaya, maupun keagamaan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Forum Anak yang telah melaksanakan berbagai kegiatan yang positif, tapi saya harap jangan cepat berpuas hati dan berhenti sampai disini saja, akan tetapi teruslah berbuat dan menjalankan fungsi 2P (Pelopor dan Pelapor) dengan demikian kekerasan terhadap anak di Kota Tanjungpinang dapat diminimalisir sejak dini”. tutup Syahrul.

Diujung acara, dilakukan penyerahan penghargaan kepada Forum Anak Kota Tanjungpinang, sebagai pemenang kategori “Bintang Triwulan” dalam ajang Fan Award Forum Anak Nasional Tingkat Kabupaten/Kota yang diserahkan oleh, perwakilan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Skript Tandono, dan diterima langsung oleh Wali Kota Tanjungpinang.

Turut hadir Wakil Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP, Ketua TP PKK Kota TanjungpinangJuwariyah Syahrul, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kepri Misni, SKM, M.Si, Kepala DP3APM Kota Tanjungpinan, Hj. Raja Khairani, S.Sos,MM, para OPD, Camat dan Lurah se-Kota Tanjungpinang. (Hms/Red).

Editor : Febri