Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang Bea Dan Cukai Tahan Al- Qur’an Sumbangan

Bea Dan Cukai Tahan Al- Qur’an Sumbangan

76
0

Tanjungpinang, GK.com – Sebanyak 240 Al-Qur’an yang dikemas dalam 20 kotak yang akan disumbangkan ke beberapa Panti Asuhan, Masjid dan Lembaga yang ada di Kota Tanjungpinang oleh rombongan silaturahmi zuriat Bentan dari Johor Bahru, ditahan dengan Bea dan Cukai Tanjungpinang.

Padahal, secara prosedur sudah dilewati, mulai dari mesin pemindai, hingga dicek secara langsung oleh Petugas dengan membuka dan membolak balikkan halaman per halaman kitab suci tersebut. Namun, Petugas bersikeras tidak membenarkan Al-Quran sumbangan zuriat dan kerabat Bentan di Johor Bahru itu keluar dari Pelabuhan

Pihak zuriat dan kerabat Bentan Johor Bahru semata-mata bermaksud menjalin ukhuwah lewat Al-Quran sekaligus menggalakkan syiar agama Islam.

Abdul Fatah, salah satu rombongan silaturahmi zuriat Bentan Kepulauan Riau mengaku sudah memberi penjelasan ketika diminta petugas memasuki ruangan Bea dan Cukai. Namun tetap saja ia dan rombongan berjumlah 19 orang tidak dibenarkan membawa Al-Quran tersebut keluar dari Pelabuhan. Hingga akhirnya diminta menandatangani surat persetujuan penangguhan pengeluaran barang, dandiminta datang keesokan harinya dengan membawa dokumen untuk diserahkan kepada Bea dan Cukai.

“Sudah kita ikuti prosedur dan minta petunjuk Petugas, namun tetap saja Al-Quran harus ditahan,” ungkap Fatah yang juga pengurus Dewan Masjid Indonesia Kepri.

Menanggapi masalah ini, Pemangku adat Kesultanan Bentanyang juga selaku Ketua Dewan Mesjid Indonesia Kepri, Huzrin Hood mengaku kecewa dan prihatin, serta menyayangkan kebijakan yang diambil oleh Bea dan Cukai Tanjungpinang.

“Tak semestinya dipersulit, itu Al-Quran sumbangan bukan untuk dijual kembali atau diperdagangkan, semata-mata untuk meningkatkan syiar agama Islam”. katanya.

Huzrin berharap Bea dan Cukai Tanjungpinang segera mengeluarkan Al-Quran yang ditahan tersebut, agar bisa segera dipergunakan sebagaimana maksud pihak yang menyumbangkan dan menjadi amal yang bermanfaat, serta mendatangkan kebajikan.Hingga berita ini ditayangkan, pihak Bea dan Cukai sendiri belum bisa ditemui untuk dimintai keterangannya. (Red).

Editor : Febri