Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang Lika-Liku Mengemban Tugas Sebagai Keluarga Basarnas Selama 48 Tahun Berdiri

Lika-Liku Mengemban Tugas Sebagai Keluarga Basarnas Selama 48 Tahun Berdiri

68
0

Tanjungpinang, GK.com – Genap berusia 48 Tahun, Keluarga Besar Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) Kelas A Tanjungpinang merayakan hari istimewanya yang jatuh tepat pada hari ini, Jum’at (28/2) pagi.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang, Mu’min, S.E.,M.M dikesempatan itu mengingatkan kembali amanah yang tertuang dalan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan pertolongan.

“Kita telah melalui berbagai dinamika dalam perkembangannya, eksistensi kita selama ini masih menjadi tumpuan dan harapan bagi masyarakat dalam penyelenggaraan operasi Sar, maka dengan usia yang cukup matang ini, marilah kita bekerja sesuai koridor, seperti yang tertuang dalam amanah Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan,” tutur Mu’min.

“Tugas utama kita adalah menyelenggarakan operasi pencarian, penyelamatan, pertolongan, dan evakuasi pada kecelakaan penerbangan, pelayaran, kebencanaan pada tahap gawat darurat, serta kondisi membahayakan manusia yang terjadi di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tugas besar dan penuh tantangan, serta membutuhkan keseriusan kita semua,” ungkapnya.

Mu’min menyampaikan bahwa, dengan segala tugas dan amanah yang diberikan, Basarnas tentunya tidak bekerja sendiri, didukung penuh oleh potensi-potensi Sar lainnya, baik di tingkat Pusat maupun Daerah, karena sinergitas itu mutlak diperlukan, mengingat kompleksitas dalam penyelenggaraan Operasi Sar.

“Selama ini, kita telah memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat, reputasi itu kita peroleh tentunya dengan kerja keras, dedikasi dan motivasi yang tinggi dalam melaksanakan setiap tugas, tidak hanya profesional, sinergi, dan militan, tetapi juga pendekatan-pendekatan yang humanis dan mengutamakan kearifan lokal saat menyelenggarakan operasi Sar,” ujar Mu’min.

“Semoga, prestasi-prestasi yang didapatmenjadi acuan untuk senantiasa semangat bagi kita, sehingga kita semua lebih termotivasi dalam bekerja, guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam pelaksanaan tugas yang mulia ini,” harapnya.

Disampaikan Mu’min, pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-48 ini, Basarnas telah memiliki dua Armada Kapal Negara (KN) baru, yaitu KN Sar 103 Wisnu dan KN Sar 104 Kamajaya, yang siap dioperasionalkan, dua Kapal masing-masing berukuran panjang 66 Meter tersebut sebagai Kapal pendukung penyelenggaraan Operasi Sar sekaligus Suplay Logistik yang dilengkapi dengan berbagai peralatan Sar modern, Seperti Remotely  Operated Vehicle (Rov), Side Scan Sonar, Multibeem Echosounder (Mbes), serta peralatan lainnya.

“Semoga, keberadaan Kapal-Kapal ini akan meningkatkan kapabilitas operasional kita, sehingga penyelenggaraan Operasi Sar khususnya di perairan dapat terlaksana lebih efektif dan efisien, sebagai lembaga Pemerintah Non Kementerian, kita juga harus mensukseskan program-program pembangunan Nasional yang telah dicanangkan Pemerintah,” ujarnya.

Saat ini, Pemerintah tengah fokus pengembangan 5 destinasi  wisata super prioritas, yaitu Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Magelang Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur dan Likupang di Sulawesi Utara.

 

Baca :

Basarnas Tanjungpinang Akan Buat Pos Penjagaan di Trikora

 

“Untuk itu, dari aspek Sar, kita harus dapat memberikan rasa aman dan rasa nyaman bagi Wisatawan baik domestik maupun manca Negara, beberapa hal yang perlu saya sampaikan pada kesempatan ini, yakni senantiasa menjadi pribadi-pribadi yang selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, profesionalisme dan soliditas dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Basarnas dalam menjaga sinergitas dan membina potensi Sar melalui wadah forum koordinasi potensi pencarian dan pertolongan, selalu menjadi kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap situasi dan kondisi di wilayah kerja masing-masing, serta cepat memberikan respon pada saat terjadi kegawatdaruratan, baik pada kecelakaan, bencana, maupun kondisi yang membahayakan manusia, serta senantiasa menjaga budaya disiplin dan menjadi contoh performance di lingkungan kerja”. paparnya.

Dijelaskan Mu’min bahwa, Basarnas mengkoordinir keterlibatan seluruh potensi Sar, baik dari unsur TNI, Polri, Instansi Pemerintah, Swasta maupuin Stakeholder bidang Sar lainnya.

Adapun selama Tahun 2019 lalu, Basarnas telah berhasil meraih berbagai prestasi di tingkat kelembagaan, antara lain Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 5 kali berturut-turut, penghargaan dari Badan Kepegawaian Nasional sebagai salah satu lembaga terbaik dalam pengelolaan, perencanaan pegawai, dan kepengurusan kenaikan pangkat, penilaian sangat baik dari Badan Arsip Republik Indonesia (ANRI) dalam hal pengelolaan arsip, meraih penghargaan media sosial kategori video terbaik government social untuk lembaga Pemerintah dari Kemenkoinfo,Pelayanan publik dengan nilai baik dari Kemenpan-RB danmendapatkan Predikat Medium classification setelah dinyatakan lulus dalam asesment yang dilaksanakan oleh International Search And Rescue Advesory Group (Insarag) Exercise Classification. (Hms/Red).

Editor : Febri