Beranda Kepulauan Riau Karimun Sambut Lembaga Adat Melayu Negeri Malaka, Pengurus LAM Kecamatan Tebing Gelar Acara...

Sambut Lembaga Adat Melayu Negeri Malaka, Pengurus LAM Kecamatan Tebing Gelar Acara Seni Budaya

268
0

Karimun, GK.com – Pertama kalinya, Lembaga Adat Melayu (LAM) Negeri Malaka melakukan kunjungan ke Tanjung Balai Karimun, tepatnya melakukan study banding adat istiadat Melayu antara Kabupaten Karimun bersama Negeri Malaka.

Dalam kunjungan balasan tersebut, pengamal-pengamal adat Melayu Malaka dari Universiti Teknologi Mara (UITM), bersama Persatuan Komuniti dan Kebajikan Duyong (Payong), disambut baik dengan Pengurus LAM Kecamatan Tebing, dengan menggelar acara seni budaya Melayu yang dilaksanakan di Halaman Pasar Teluk Uma, Sabtu (8/2) sekitar pukul 20.00 Wib.

Dikesempatan itu, Ketua LAM Kecamatan Tebing, Basirun Banun mengucapkan terima kasihnya kepada Lembaga Adat Melayu Payong dan UITM atas kunjungannya ke Kabupaten Karimun untuk melakukan kunjungan balasan.

“Acara ini sengaja kami laksanakan di Halaman Pasar Teluk Uma ini, karena masyarakat Kecamatan Tebing ingin menyaksikan pertunjukan adat melayu dari Negeri seberang,” ucap Basirun.

“Sebelumnya, belum ada acara adat Melayu yang dilaksanakan dari Negeri seberang di Kecamatan Tebing ini, oleh karena itu kami persembahkan acara ini untuk seluruh masyarakat Kecamatan Tebing,” tambahnya.

Dikatakan Basirun,  acara itu dapat terlaksana berkat dukungan dari masyarakat, para Pengurus LAM Kecamatan Tebing, dan Kepala Unit (Kanit) Satbinmas Polres Karimun beserta jajarannya, serta seluruh Instansi dan lembaga terkait yang turut ikut berpartisipasi memeriahkan acara tersebut.

“Semoga adat Melayu yang telah kita jaga selama ini, dapat hidup di generasi selanjutnya, sehingga sektor pariwisata di wilayah kita, khususnya di Kabupaten Karimun dapat lebih maju dari sebelumnya seperti Negeri Melaka”. tutup Basirun.

Diakhir acara, diberikan cinderamata kepada Lembaga Adat Melayu Negeri Melaka oleh Sekda Kabupaten Karimun Firmansyah,  didampingi Ketua LAM Kecamatan Tebing Basirun Banun dan persembahan tarian Melayu, serta adat istiadat meminang dari Negeri Malaka.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun Sensissiana, Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Karimun Herdan Firdaus, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kabupaten Karimun H. Zamri, Kapolsek Tebing AKP Fian Agung Wibowo, Kanit Bintibmas Satbinmas Polres Karimun Irwanhadi dan seluruh masyarakat se- Kecamatan Tebing. (KR).

Editor : Febri