Beranda Pendidikan SDN 005 Bukit Bestari Fokus Kembangkan Potensi Anak Didik Melalui Kesenian

SDN 005 Bukit Bestari Fokus Kembangkan Potensi Anak Didik Melalui Kesenian

106
0

Kepala SDN 005 Bukit Bertari, Hanafi, S.Pd  didampingi  Guru Pembimbing Siswa, Dharul, S.Pd

 

Tanjungpinang, GK.com – Dengan mengangkat Misi “Siswa tidak harus terfokus dalam metode pembelajaran yang berisi pengetahuan saja, melainkan juga mampu mengembangkan kreatifitas yang sudah dimiliki masing-masing”, Kepala Sekolah SDN 005 Bukit Bestari, Hanafi,S.Pd berhasil membawa anak didiknya ikut serta di berbagai perlombaan dalam bidang Non Akademik.

Salah satu prestasi yang menjadi kebanggaan SDN 005 Bukit Bestari adalah ikut serta dalam lomba bercerita di tingkat Nasional mewakili Perpustakaan Provinsi Kepulauan Riau, serta dibidang lainnya yaitu mengikuti perlombaan kesenian dari tingkat SD, maupun SD/SMP, baik dari tingkat Kota, Provinsi, hingga ke Nasional.

“Saya berharap para Siswa yang memiliki potensi besar ini mempunyai niat untuk berkembang dan juga berprestasi, sehingga tidak hanya dapat membanggakan para orang tuanya saja, melainkan juga Sekolah dan teman-temannya,” harap Hanafi, Senin (6/01) Pukul 08.30 Wib.

Sementara itu, Guru Pembimbing Siswa, Dharul, S.Pd, yang turut mendampingi Hanafi dikesempatan itu juga menambahkan kepada Awak Media ini bahwa, prestasi yang sudah diraih oleh SDN 005 Bukit Bestari pada Tahun 2019 lalu, lebih kepada Non Akademik yang mengarah pada kesenian, seperti pantomim, bercerita, membaca puisi, syair, gurindam dua belas dan menari.

“Dengan adanya Ekstrakulikuler di SDN 005 Bukit Bestari, disitulah para Guru Pembimbing bisa menemukan siswa yang memiliki potensi besar, sehingga dapat dikembangkan,” ucap Dharul.

Dikatakan Dharul, para Guru Pembimbing tidak boleh menekan anak dalam menyukai hal yang dirinya sendiri tidak sukai, namun dalam kesenian, yang merupakan salah satu bidang yang paling banyak digemari Siswanya, Dharul menyampaikan bahwa para Guru akan siap mendampingi dan melatih, agar Siswanya terus berkarya dan berkembang.

“Satu hal yang terpenting adalah niat yang dimiliki Siswa, karena meskipun kita memaksakan, namun Siswa tersebut tidak memiliki niat, tentulah hal tersebut tidak akan ada hasil yang memuaskan,” tutur Dharul.

Lanjut Dharul menjelaskan, salah satu kesulitan saat akan menampilkan potensi yang dimiliki Siswa adalah dukungan yang terbatas oleh Wali Murid, seperti halnya dari segi ekonomi menengah kebawah, serta kesempatan waktu yang tidak memadai untuk membantu meluangkan waktu kepada anak ketika akan berlatih.

Meskipun pihak Sekolah selalu mendukung segala potensi yang dimiliki Siswa, namun SDN 005 Bukit Bestari masih memiliki kekurangan dalam segi infrastrukturnya, yakni paping block yang hanya terdapat pada bagian depan saja (belum terpenuhi seluruhnya), sehingga apabila hujan deras turun menyebabkan genangan-genangan air, bahkan menimbulkan banjir. (MA).

Editor : Febri