Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang Hormati Jasa-Jasa Para Leluhur, di Hari Jadi Tanjungpinang ke- 236, Pemko Lakukan...

Hormati Jasa-Jasa Para Leluhur, di Hari Jadi Tanjungpinang ke- 236, Pemko Lakukan Ziarah

97
0

Tanjungpinang, GK.com – Dalam memperingati Hari Jadi Tanjungpinang yang jatuh di tanggal 6 Januari, Pemerintah Kota Tanjungpinang bersama jajarannya melakukan ziarah ke makam-makam leluhur Tanjungpinang. Saat ziarah pada Senin (6/1), Pemko Tanjungpinang bermula dari makam Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah yang terletak di Kampung Melayu Kota Piring, lalu dilanjutkan ke makam Daeng Marewah, dan Makam Daeng Celak di Sungai Carang, kemudian menuju Pulau Penyengat untuk ziarah ke komplek pemakaman Engku Puteri Raja Hamidah, Raja Ali Haji, Raja Haji Fisabilillah dan berakhir di Masjid Raya Sultan Riau untuk makan siang bersama.

Selain Wali Kota Tanjungpinang H. Syahrul, yang turut ikut ziarah di Hari Jadi ke- 236 Tanjungpinang itu juga diikuti oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Drs. Teguh Ahmad Syafari, M.Si, Pimpinan DPRD dan Anggota, Unsur FKPD, Kepala OPD, Ketua LAM beserta Anggota, tokoh masyarakat, dan tokoh adat.

Sesampainya di makam, rombongan melaksanakan tahlilan serta memanjatkan doa, dilanjutkan menabur bunga, menyiram air, serta memasang kain batu nisan di pusara makam para leluhur.

“Untuk mengenang beliau-beliau ini, kita laksanakan do’a bersama, menggantikan kain di setiap nisan dan membacakan sejarah mereka satu-persatu yang telah berjasa pada Negeri ini,” ucap Syahrul.

Ditambahkan Syahrul, dalam kegiatan ziarah makam ini dilaksanakan secara rutin, agar senantiasa mengingat jasa-jasa para perjuangan leluhur Tanjungpinang.

“Kita bisa seperti hari ini, karena ada kerja keras dan perjuangan dari para pendahulu kita, ini sebagai wujud ucapan terimakasih serta penghormatan kepada para pendahulu,” tutur Syahrul.

”Kedepannya saya berharap, semoga anak cucu kita dapat mengetahui sejarah yang ada di Kota Tanjungpinang ini, dan dapat terus mempubliskan ke publik agar tidak terlupakan hingga ke akhir hayat”. tutup Syahrul. (Hms/Red).

Editor : Milla