Beranda Kepulauan Riau Batam Biro Administrasi Pembangunan Laksanakan Pelatihan Pemaketan Gunakan Aplikasi SIPP

Biro Administrasi Pembangunan Laksanakan Pelatihan Pemaketan Gunakan Aplikasi SIPP

63
0

Batam-GK,- Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kepuauan Riau melaksanakan Kegiatan Pelatihan dan Pemaketan APBD-P pada aplikasi Sistem Informasi Pengendalian Pembangunan.Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bagian Administrasi Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Riau A. Ervarabianti, AP, MMdi Batam (9/10).

Peserta Pelatihan dari setiap OPD Kepri

“Kegiatan Pemaketan ini merupakan bagian dari pelaksanaan APBD, terutama dalam perencanaan pengadaan Barang/Jasa, dimana sebelum dapat dilaksanakan, sebuah kegiatan harus terlebih dahulu dilakukan pemaketan Pengadaan Barang/Jasa, setelah itu akan diumumkan sebagai rencana umum pengadaan melalui Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan dan menjadi guidance dalam evaluasi pelaksanaan kegiatan tersebut.” Ujar Erva.

Sambung Erva, Kegiatan Pelatihan dan Pemaketan APBD-P pada aplikasi Sistem Informasi Pengendalian Pembangunan merupakan upaya untuk menjadikan pelaksanaan kegiatan dan evaluasinya menjadi lebih mudah. Pada kesempatan itu, Erva juga memaparkan progress realisasi fisik dan keuangan per bulan September 2019, diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perempua, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Catatan Sipil, Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pariwisata, Dinas Ketahanan Pangan, pertanian dan Kesehatan Hewan, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral serta Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Kebakaran Provinsi Kepulauan Riau.

“Sampai dengan bulan September ini, ada 11 OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Riau yang capaian realisasi fisik dan keuangannya sudah diatas target B09. OPD-OPD tersebut adalah”papar Erva.

Erva berharap, dengan terlaksananya Kegiatan Pelatihan ini, setiap OPD dapat segera melakukan pemaketan rencana pengadaan barang/jasa, sehingga pelaksanaan APBD-P dapat segera direalisasikan untuk pembangunan dan manfaatnya dapat segera dirasakan masyarakat.

Selanjutnya, materi pemaparan dilakukan bagian software developer Sistem Informasi Pengendalian Pembangunan, Ichwan Albar menjelaskan terkait teknis penggunaan Sistem Informasi Pengendalian Pembangunan yang diikuti OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Kepulaun Riau.
sumber  & Fhoto  : Biro Pembangunan Kepri
editor    : Edy