Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang Optimalkan Pencatatan Sipil, Kini Anak Dalam Kandungan Sudah Mulai di Data

Optimalkan Pencatatan Sipil, Kini Anak Dalam Kandungan Sudah Mulai di Data

78
0

Tanjungpinang, GK.com – Guna melakukan optimalisasi dan efisiensi pada pelayanan dalam pencatatan sipil berbasis Database Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Administrasi dan Catatan Sipil, di Hotel Bintan Plaza, Tanjungpinang.

Kepala Disdukcapil Kota Tanjungpinang, Irianto, SH menjelaskan kepada Media ini bahwa, diadakannya sosialisasi tersebut adalah agar bisa memperluas proses pencatatan kelahiran.

“Kami mengharapkan sekali, para peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat memahami dan memperluas proses pencatatan kelahiran melalui identifikasi dan pendataan kelahiran, yang mana prosesnya dimulai sejak ibu memeriksakan awal kehamilannya, bukan pada saat bayi lahir,” ujar Irianto, Rabu (18/9) sekitar pukul 10.00 Wib.

“Adapun para peserta pada kegiatan ini yang kami hadirkan, yakni terdiri dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang, RSUD Kota Tanjungpinang, RSUP, RSAL, Rumah Bersalin, Bidan Swasta, Puskesmas, Kelurahan, dan Kecamatan se- Kota Tanjungpinang,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd mengucapkan terima kasihnya kepada peserta yang mayoritasnya terdiri dari Bidan yang hadir untuk membantu Disdukcapil dalam pendataan anak yang baru lahir.

“Saya berterima kasih kepada para peserta yang mayoritas dari orang kesehatan dalam bidang persalinan, karena telah bekerja sama dengan Disdukcapil dalam menangani pendataan anak yang baru lahir, sehingga nantinya anak yang masih di dalam kandunganpun sudah bisa didata untuk membuat akte dan data kependudukannya,” ucap Syahrul.

“Saya berharap, kedepannya Disdukcapil serta para peserta dan pihak terkait yang  berperan dalam persalinan bisa saling besinergi antara satu sama lain”. tutup Syahrul. (AA).

Editor : Milla