Gubenur Kepri Lantik Pengurus Cabang Persakmi Tanjungpinang dan Bintan, Periode 2018-2022

TANJUNGPINANG– Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI) Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan adakan acara Pelantikan Pengurus Cabang, serta dibarengi dengan Seminar Kesehatan Masyarakat.

Dalam pelantikan para Pengurus Cabang tersebut langsung dilantik oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun di dampingi oleh Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, di Aula Poltekes, Jalan Pemuda, Tanjungpinang, Rabu (24/10) pagi. Ada sekitar 80 orang para pengurus yang di lantik saat itu.

Persakmi merupakan upaya meningkatkan pengetahuan publik kesehatan di masyarakat, serta strategi untuk memperkuat legalitas kepengurusan berjenjang mulai dari tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota, di ketuai oleh Prof. Dr. Ridwan Amiruddin,S.K.M.,M.Kes.MSc.PH, yang berasal dari Makassar.

Di awali penyampaian laporannya, Ketua Panitia, Andi Kurniawan S.K.M.,M.PH menjelaskan, acara kegiatan Seminar Kesehatan Masyarakat ini bertujuan untuk melatih peran para Pengurus Cabang Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan dengan tema “Peran Organisasi Profesi Kesehatan Dalam Transisi Teknologi dan Implementasi Kabupaten/Kota Sehat”.

“Ini merupakan bentuk apresiasi publik agar dapat meningkatkan pengetahuan penyakit yang berbasis di lingkungan, serta mendorong atau mempercepat terbentuknya Kabupaten/Kota yang sehat,” ujar Andi.

“Sedangkan untuk Pelantikan Pengurus Cabang Persakmi gunanya sebagai legalitas organisasi di tingkat Kabupaten/Kota agar dapat terlindungi dalam pelayanan dan pengabdian kesehatan masyarakat dengan berfokus kepada upaya kegiatan promotif dan preventif, sehingga dapat terwujudnya masyarakat Kepri yang Sehat, Mandiri, dan Sejahtera,” terangnya.

Ditambahkan Andi, Persakmi di Kepri ini di bentuk sementara di 5 Kabupaten/Kota, yakni Kota Tanjungpinang, Batam, Kabupaten Bintan, Karimun, dan Kabupaten Natuna yang sudah berjalan selama 3 hari terhitung dari 24-26 Oktober 2018, sementara untuk anggarannya sendiri berasal dari mandiri sarjana kesehatan masyarakat (SKM), anggota, pengurus Persakmi, kalangan peserta, serta kontribusi Gubernur Provinsi Kepri dan sponsor oleh mitra Bank Mandiri.
Gubernur Provinsi Kepri, Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos,M.Si dalam sambutannya menyampaikan, kesehatan itu sangat penting bagi Bangsa dan Negara Indonesia, karena itu merupakan cermin dari kemajuan suatu bangsa tersebut.

“Saya minta kepada Bapak Prof. Dr. Ridwan Amiruddin, selaku pengisi seminar ini semoga dapat memberikan ilmu yang sebanyak-banyaknya kepada para peserta, sehingga kesehatan di Kepri dapat bersaing dengan Negara tetangga seperti Malasyia dan Singapura, selain itu peserta dapat melakukan pengabdiannya kepada masyarakat secara ikhlas,” kata Nurdin.

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul,S.Pd berharap dengan terbentuknya Persakmi di Kota Tanjungpinang nantinya dapat bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang, khususnya Dinas Kesehatan dalam meciptakan dan mengoptimalkan masyarakat yang sehat. (RZ)

Recommended For You

About the Author: admin01