Tabligh Akbar Muharram, Lalu Lintas Batam Direkayasa

BATAM– Pada Sabtu (11/8/2018) jalan Raja Haji Fisabilillah akan ditutup karena jalur tersebut digunakan sebagai pusat acara Malam Tabligh Akbar Gebyar Muharram 1440 H Tahun 2018 yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Pusat acara Tabligh Akbar Kemilau Muharram 1440 H di Jalan Raja Haji Fisabilillah atau depan Palm Spring-Batamcentre.

Penutupan jalur akan mulai dilakukan pukul 16.00 Wib hingga pukul 24.00 Wib. Bagi masyarakat Kota Batam yang akan menyaksikan Ustadz Abdul Somad dan Habib Syech Abdul Qodir Assegaf, Pemko Batam telah menyiapkan tiga kantong parkir.

Kantong parkir utama tanah kosong Oxley, depan dan belakang ruko Edukits dan di depan dan belakang KFC Gelael sampai ke Rumah Makan B3 Palm Spring. Bagi masyarakat dari arah Batam Centre yang ingin ke lokasi acara dapat berptar arah dari u turn depan Palm Pring dengan lokasi parkir di Oxley. Sedangkan warga dari Batam Centre yang akan ke Sekupang dan ke Simpang Kabil harus berputar lewat Sei Panas menuju Simpang Jam.

“Bagi masyarakat Batam dari arah Sekupang dan Batu Aji untuk menuju ke lokasi acara tetap masuk melewati Simpang Jam dan menurunkan penumpang di depan Dataran Madani atau jalan Raja Haji Fisabilillah. Kemudian untuk menuju ke lokasi parkir bisa melewati jalan belakang Edukits nanti tembusnya di rumah makan Lamun Ombak,” jelas Kabag Humas Pemko Batam, Yudi Admaji, Jumat (10/8).

Demi terciptanya situasi yang aman dan suksesnya penyelenggaraan acara tersebut, Pemko Batam juga telah menyiapkan tim pengamanan sebanyak 1.150 personil. Tim pengaman terdiri dari personil Polresta Barelang, anggota Kodim 0316 Batam, Batalyon Infantri 134/Raider, Marinir/Satria Bhumi Yudha, Angkatan Laut, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Pagar Nusa, GP Ansor, tim pengamanan UAS dan dari FPI Kota Batam.

“Malam itu juga akan dilakukan pengumpulan donasi untuk korban gempa di Lombok,” ucapnya.

Untuk meramaikan acara tersebut Walikota Batam, Muhammad Rudi mengundang seluruh masyarakat Kota Batam untuk dapat bersama-sama hadir menyaksikan ceramah Ustad Abdul Somad dan Habib Syech Abdul Qodir Assegaf. Masyarakat yang hadir diharapkan mengenakan pakaian putih-putih. Di lokasi acara panitia juga menyediakan area bagi masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah Shalat Mahgrib.

“Mari bersama-sama kita meramaikan peringatan Muharram 1440 Hijriah ini dengan menyaksikan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Somad dan Habib Syech akan bershalawat diiringi grup hadrohnya. Semoga acara ini berlangsung dengan lancar dan aman dari mulai terselenggaranya acara hingga selesai,” ajak mantan Camat Bengkong ini. (MC)