Rabu, Juli 24, 2024
spot_img

DPRD Kota Batam Gelar Rapat Paripurna: Menatap Masa Depan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang

Batam, GK.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam mengadakan rapat paripurna yang diarahkan oleh Wakil Ketua III, Ahmad Surya. Dua agenda utama yang menjadi fokus adalah peninjauan fraksi atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam tahun 2023, serta penyampaian dan penjelasan Walikota Batam mengenai Ranperda Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Batam untuk periode 2025-2045. Pada Rabu pagi, 22 Mei 2024.

Dalam sesi pertama, sembilan fraksi diberikan kesempatan untuk menyampaikan pandangan mereka terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2023 yang sebelumnya telah diajukan oleh Walikota Batam. Fraksi PDIP memulai, diikuti oleh Fraksi Nasdem, Fraksi Gerindra, Fraksi Golkar, dan fraksi-fraksi lain secara berurutan. Beberapa fraksi, termasuk Fraksi Nasdem dan Fraksi Gerindra, menyampaikan catatan-catatan ringkas secara lisan selain secara tertulis. Mayoritas fraksi menyatakan persetujuan untuk melanjutkan pembahasan Ranperda ke tahap berikutnya.

Setelah pandangan umum fraksi, Ahmad Surya meminta konfirmasi dari anggota Dewan untuk melanjutkan pembahasan Ranperda ke tahapan selanjutnya, yang disetujui dengan semangat oleh para peserta sidang.

Agenda kedua rapat paripurna diisi dengan penjelasan dari Walikota Batam, Haji Muhammad Rudi, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Jefridin Hamid, mengenai Ranperda RPJPD Kota Batam tahun 2025-2045. Dalam penjelasannya, Jefridin Hamid menguraikan visi RPJPD Kota Batam sebagai “Batam Kota Madani sebagai Hub Logistik Internasional yang maju dan berkelanjutan.” Untuk mewujudkan visi ini, lima misi telah dirumuskan:

  1. Mewujudkan transformasi ekonomi yang maju dan inklusif
  2. Mewujudkan sarana dan prasarana yang berkualitas, merata, dan berkeadilan
  3. Mewujudkan transformasi sosial menuju masyarakat yang unggul dan berdaya saing
  4. Mewujudkan transformasi tata kelola menuju good governance
  5. Mewujudkan ketahanan sosial dan ekologi

Rapat paripurna ini tidak hanya dihadiri oleh mayoritas anggota DPRD, tetapi juga oleh perwakilan forkompimda dan kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Batam, menandakan pentingnya pembahasan ini bagi masa depan kota.

Dengan agenda yang telah ditetapkan, DPRD Kota Batam menunjukkan komitmennya untuk memajukan kota melalui perencanaan yang matang dan partisipasi aktif dari semua pihak terkait. Visi dan misi yang telah dirumuskan diharapkan dapat membawa Kota Batam menuju kemajuan yang berkelanjutan dan inklusif.(*)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -Seedbacklink