Sabtu, Juli 27, 2024
spot_img

BU SPAM BP Batam Siap Bangun Pipa Baru untuk Daerah Tinggi

BATAM, GK.com – Untuk meningkatkan pelayanan dan ketersediaan air bersih di daerah yang berada di ketinggian, Badan Usaha Sistem Pengelolaan Air Minum (BU SPAM) BP Batam akan segera memulai pembangunan pipa baru.

Sebelumnya, BU SPAM BP Batam telah melakukan pengecekan ulang volume pekerjaan dan menyesuaikan rencana dengan kondisi lapangan. Hal ini dilakukan agar pekerjaan sesuai dengan kebutuhan yang sebenarnya.

“Kita sudah lakukan pengecekan awal beberapa waktu lalu, mulai dari pengukuran dan lain-lain,” kata Direktur BU SPAM BP Batam, Denny Tondano, Jumat (8/9/2023).

Ia menambahkan, setelah pengecekan awal, pihaknya langsung mengurus peralatan yang dibutuhkan, termasuk memesan pipa 200 mm dan menyiapkan IPA 20 lpd di Dam Sei Harapan Sekupang.

“Semua sudah kita pesan, kemungkinan minggu depan sudah bisa jalan dan alat-alat berat sudah bisa turun ke lokasi,” ujarnya.

Pembangunan pipa baru ini akan dilakukan di tiga kawasan, yaitu Tiban V, Sagulung Baru, dan Tanjunguncang.

Di Tiban V, BU SPAM BP Batam akan membangun pipa baru sepanjang 2,2 kilometer dengan pipa 200 mm dan IPA 20 lpd di Dam Sei Harapan. Tujuannya adalah untuk mengatasi masalah air di wilayah Patam Lestari, Perumahan Woodland, Perumahan Cipta Green Mansion dan sekitarnya.

Di Sagulung Baru, BU SPAM BP Batam akan menambah pipa baru berukuran 200 mm. Hal ini bertujuan untuk memperpendek jarak dari pipa utama ke daerah tinggi di Sagulung Baru. Dengan demikian, suplai air akan lebih cepat dan lancar. Pipa baru ini akan mengaliri sekitar 2.000 sambungan di wilayah Sagulung Baru, Seibinti dan Seilekop.

Di Tanjunguncang, BU SPAM BP Batam akan membangun pipa baru untuk daerah Sumberindo, Central Park dan sekitarnya.

Denny mengatakan, pembangunan pipa baru ini merupakan arahan dari Kepala BP Batam, Muhammad Rudi kepada pihaknya. Ia berharap, dengan pembangunan ini, pelayanan dan ketersediaan air bersih di Kota Batam akan semakin baik.

“Untuk pekerjaannya nanti akan dilakukan secara bersamaan. Estimasi kita untuk pembangunan pipa baru ini sekitar 1 bulan, jika tidak ada kendala di lapangan,” tutupnya.(rls)

Editor : Ronny

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -Seedbacklink