Beranda Kepulauan Riau Lingga Kado HUT ke- 18, Lingga Terang Benderang

Kado HUT ke- 18, Lingga Terang Benderang

50
0

Lingga, Gk.com – Rasio Desa berlistrik di Kabupaten Lingga saat ini hampir mencapai 100 persen, dimana hal ini bisa dilihat dari seluruh Desa yang ada di Kabupaten Lingga yang sudah dapat menikmati aliran listrik.

Dikatakan Bupati Lingga, Muhammad Nizar saat meresmikan PLTD Desa Busung Panjang, Kecamatan Posek, pada Rabu (10/11/2021), “upaya melistrikkan Desa yang belum mendapat aliran listrik dari PLN untuk meningkatkan listrik telah dilakukan Pemerintah Daerah dengan berkerjasama kepada pihak PT PLN (Persero) sejak tahun 2016 silam. Namun disepanjang perjalanan sempat terhenti karena adanya pademi,” terang Nizar.

“Akhirnya perjuangan panjang untuk menerangi semua Desa yang ada di Kabupaten Lingga tercapai di tahun 2021 ini,” ucapnya.

“Tentunya ini merupakan kado istimewa buat Kabupaten Lingga yang sedang merayakan ulang tahun di usia yang ke- 18 yang jatuh pada tanggal 20 November mendatang,” ujarnya.

“Sebagaimana disampaikan oleh Pak Dirut PLN tadi, Desa Busung Panjang merupakan Desa penutup yang sudah dialiri listrik selama 14 jam,” sambung Nizar dihadapan tamu undangan dan masyarakat Desa Busung Panjang yang begitu antusias menyambut syukur atas terangnya Desa mereka.

Lebih lanjut Nizar juga memaparkan beberapa usulan kedepannya terkait listrik, termasuk usulan baru untuk penerangan di Pulau Nuje yang akan diusahakan terealisasi pada tahun 2022 mendatang.

Pada kesempatan itu, Nizar juga berharap dengan kehadiran listrik hari ini ditengah-tengah kehidupan masyarakat, khusus masyarakat yang berada di pulau-pulau dapat memberikan manfaat dan efektivitas yang berkelanjutan, seperti dalam membantu kebutuhan sehari-hari serta bermanfaat untuk UMKM dan sebagainya.

“Penantian yang cukup panjang ini hendaknya dimanfaatkan betul-betul bagi pengusaha rumahan, semoga dapat terbantukan dan berkembang dengan adanya listrik,” harapnya.

Terakhir, dia mengucapkan terima kasih, terutama kepada PT PLN (Persero), Rayon Dabo Singkep yang telah berjibaku bersama Pemerintah Daerah, DPRD, Kecamatan, Desa dan masyarakat dalam usaha penerangan listrik hingga bisa masuk ke desa-desa.

Sementara itu, Kepala Desa Busung Panjang, Nobaryansyah mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang dirasakan telah ikut andil atas pencapaian realisasi listrik PLN ditengah-tengah Desanya.

“Keberhasilan ini merupakan hasil dari usaha yang tidak mudah. Butuh konsentrasi, koordinasi yang tidak hanya dilakukan dengan Pemerintah Daerah saja, melainkan juga dengan pihak PT PLN Rayon Dabo Singkep yang mempunyai peran penting dengan penerangan ini”. tutupnya. (Mn).

Editor : Milla