Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang Dinas PU KKA Akan Bangun Gravitasi Air di Kelurahan Tarempa

Dinas PU KKA Akan Bangun Gravitasi Air di Kelurahan Tarempa

33
0

Anambas, GK.com – Air bersih merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan masyarakat. Agar ketersediaan air bersih di Kelurahan Tarempa terus terpenuhi, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) berencana akan bangun Gravitasi air.

Plt. Kepala Dinas PUPR Anambas, Andyguna K Hasibuan menjelaskan bahwa, saat ini penyaluran air untuk masyarakat di Kelurahan Tarempa masih menggunakan pompa air dan mata airnya berada lebih rendah dari pipa itu sendiri.

“Sampai hari ini, penyaluran air untuk masyarakat di Tarempa masih menggunakan pompa air, mata air tersebut posisinya juga lebih rendah,” ujar Andyguna saat di Wawancarai oleh Awak Media ini, Rabu (27/01) di Kantor Dinas PU Anambas.

“Adapun fungsi dari pembangunan Gravitasi Air tersebut untuk mengurangi penggunaan pompa air, sebab penggunaan pompa air itu sendiri akan memakan cost yang lumayan besar,” lanjutnya.

Dirinya juga menjelaskan, Gravitasi Air ini akan dilakukan dengan membelah gundukan agar posisi pipa lebih rendah dari Mata Air tersebut.

“Karena posisi mata air itu berada disebalik bukit, maka kita akan memangkas bukit itu sedikit agar posisinya bisa lebih rendah dari mata air,” jelas Andyguna.

Tak hanya itu, Andyguna juga mengatakan, pembangunan Gravitasi Air ini merupakan upaya Pemerintah untuk mengatasi minimnya air bersih di Kelurahan Tarempa.

“Ini juga merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk menangani masalah air bersih, agar ketersediaan air bersih tercukupi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tambahnya.

Andyguna berharap dengan dibangunnya Gravitasi Air ini ketersediaan air bersih di Kelurahan Tarempa bisa terus tersedia, dan jam penyaluran air ke Masyarakat bisa bertambah.

“Saya harap dengan nanti dibangunnya Gravitasi Air ini ketersediaan air bersih untuk masyarakat Tarempa tercukupi, serta jam penyaluran air bersih ke masyarakat juga bisa bertambah”. harapnya. (FR).