Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang Meskipun Telah Banyak Sosialisasi, Jasa Raharja Ungkap Masyarakat Minim Kesadaran Bayar Pajak

Meskipun Telah Banyak Sosialisasi, Jasa Raharja Ungkap Masyarakat Minim Kesadaran Bayar Pajak

34
0
Kantor Jasa Raharja Tanjungpinang

Tanjungpinang, GK.com – PT Jasa Raharja (Persero) memberikan perlindungan kepada semua masyarakat Indonesia yang mengalami musibah kecelakaan lalu lintas, baik darat, laut, maupun udara.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jasa Raharja bertugas memberikan perlindungan dasar kepada masyarakat.

Kepada Awak Media ini, Wakil Kepala Jasa Raharja (Persero) Tanjungpinang, Yulianto mengatakan bahwa, berdasarkan UU No 34 Tahun 1964 Jo PP No 18 Tahun 1965 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan menjelaskan bahwa, korban yang berhak atas santunan adalah setiap orang yang berada di luar angkutan lalu lintas jalan yang menjadi korban akibat kecelakaan dari penggunaan alat angkutan lalu lintas jalan, serta setiap orang atau mereka yang berada di dalam suatu kendaraan bermotor dan ditabrak. Dimana pengemudi kendaraan bermotor yang penyebab kecelakaan, termasuk dalam hal ini para penumpang kendaraan bermotor dan sepeda motor pribadi.

Selanjutnya, bagi pengemudi yang mengalami kecelakaan dengan penyebab terjadinya tabrakan dua atau lebih kendaraan bermotor, maka baik pengemudi maupun penumpang kendaraan tersebut tidak dijamin dalam UU No 34/1964 jo PP no 18/1965 termasuk korban pejalan kaki atau pengemudi/penumpang kendaraan bermotor yang dengan sengaja menerobos palang pintu kereta api yang sedang difungsikan.

“UU Nomor 34 itu terkait santunan kepada korban kecelakaan yang ada di Jalan Raya, setoran iuran tersebut akan dikumpulkan di Kantor Samsat,” terang Yulianto, Jumat (22/01) siang, di Kantor Jasa Raharja Tanjungpinang. Dirinya Menyampaikan bahwa, terkait iuran wajib dalam bentuk pajak itu, ternyata tidak mudah dikumpulkan. Menurutnya, kendala yang dihadapi yaitu banyak masyarakat tidak membayar pajak tepat waktu.

“Kita selalu mengadakan Sosialiasi agar para pengendara lalu lintas dapat membayar pajak tepat waktu, karena dengan ini kita juga akan terus membantu Korban Kecelakaan yang berada di Jalan Raya, serta korban-korban lainnya”. pungkasnya. (jey).

Editor : Febri