Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang BMKG Minta Masyarakat Waspada Terhadap Angin Utara Saat Nataru

BMKG Minta Masyarakat Waspada Terhadap Angin Utara Saat Nataru

87
0
Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Halip

Tanjungpinang, GK.com – Menyambut Natal dan Tahun Baru, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tanjungpinang memprediksi akuda distribusi curah hujan yang cukup signifikan selama sepekan mendatang.

“Untuk sepekan terakhir, kami prediksi akan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sertai angin kencang, khususnya untuk Kota Tanjungpinang dan Pulau Bintan,” tutur Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Halip saat ditemui Awak Media ini di Kantornya, Selasa (22/12).

Disampaikan Halip, kondisi ini disebabkan faktor angin utara yang berlangsung dari Desember hingga Februari Tahun 2021.

Menurut pantauannya, musim angin utara terjadi dikarenakan adanya tekanan rendah Belahan Bumi Selatan (BBS) yang mencapai 993 milibar. Hal ini disebabkan adanya pemanasan matahari yang berada di BBS hingga angin bertiup di belahan bumi utara.

Terkait hal itu, Halip menghimbau kepada masyarakat pesisir, Nelayan dan Wisatawan untuk mewaspadai gelombang tinggi dan angin kencang selama periode natal dan tahun baru.

“Kepada masyarakat yang ingin berlibur atau menggunakan teransportasi laut selama Nataru, harap waspada terhadap gelombang tinggi dan cuaca yang tidak menentu”. tutup Halip. (SS).

Editor : Febri