Beranda Kepulauan Riau Karimun Ada Peningkatan Penerima Zakat Pada Baznas Karimun Tahun Ini

Ada Peningkatan Penerima Zakat Pada Baznas Karimun Tahun Ini

131
0

Karimun, GK.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karimun, akan menyalurkan zakat kepada penerima zakat sebanyak 1.200 orang pada pertengahan bulan suci Ramadhan mendatang.

Hal tersebut mengalami peningkatan dalam penerima zakat dari tahun sebelumnya, yang berjumlah lebih kurang 1.000 orang sebagai penerima zakat.

Ketua Baznas Kabupaten Karimun, Drs. H. Nasrial mengatakan, zakat itu akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, salah satunya fakir miskin yang ditargetkan sebanyak 1.200 orang se- Kabupaten Karimun.

“Alhamdulillah ada peningkatan pada tahun ini dari tahun sebelumnya untuk penerima zakat, namun jika dana zakat kita berjumlah lebih menjelang pembagiannya, tentunya akan kita tambahkan lagi untuk penerima zakat ini,” ucap Nasrial saat dijumpai Awak Media ini di Ruang Kerjanya, Senin (20/04) sekitar pukul 11.00 Wib.

“Kita mempunyai Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di 56 Masjid yang sudah bekerjasama dengan kita, dan mereka nantinya yang akan membagikan zakat ini kepada yang benar-benar layak mendapatkannya dengan cara door to door, karena kita dilarang untuk mengumpulkan masyarakat yang dapat menimbulkan kerumunan,” paparnya.

Dikatakan Nasrial, untuk jumlah zakat yang akan diberikan kepada masyarakat, berjumlah Rp 300.000,- per orang, namun untuk penambahan dana zakatnya, tergantung dengan jumlah zakat yang diterima oleh Baznas Kabupaten Karimun.

“Manfaat pengumpulan zakat antara pengurus masjid bersama Baznas, misalkan pengurus masjid menyetor uang zakatnya ke Baznas sebesar 70 juta rupiah, kemudian dikelola oleh Baznas dan akan disetorkan lebih kepada pengurus masjid itu dengan jumlah Rp 100 juta. Hal itu akan disaksikan oleh masyarakat langsung, sehingga mereka yang membutuhkan bisa terbantukan,” terangnya.

Selain menyalurkan zakat, pihaknya juga akan membagikan 1.000 masker dalam minggu ini kepada masyarakat di Kabupaten Karimun, yang nantinya akan dilaksanakan langsung oleh Badan Tanggap Bencana (BTB) Baznas Kabupaten Karimun.

“Kita prioritaskan pembagian masker ini di Kabupaten Karimun, karena yang terdampak akibat wabah Covid-19 ini kebanyakan di pusat Kabupaten kita, tetapi jika ada permintaan dari Kecamatan di luar Pulau Karimun, tentunya akan kita bantukan juga,” ungkap Nasrial.

“Kita harapkan kepada masyarakat agar tidak resah dengan kondisi yang terjadi saat ini, anggap saja hal ini merupakan ujian dan cobaan dari Allah SWT, dan selalu taat pada kewajibannya, sehingga kita dapat bersyukur atas rezeki yang diberikan”. tutup Nasrial. (KR).

Editor : Febri