Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang Bawaslu Kota Tanjungpinang Persiapkan Kapabilitas Panwascam Melalui Bimtek Pengawasan

Bawaslu Kota Tanjungpinang Persiapkan Kapabilitas Panwascam Melalui Bimtek Pengawasan

99
0

Tanjungpinang, GK.com – Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2020 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Panwascam se- Kota Tanjungpinang selama tiga hari, terhitung sejak pembukaan pada tanggal 26 hingga 28 Desember 2019.

Kegiatan yang digelar di Hotel Comforta Tanjungpinang itu, berlangsung secara hikmat dengan dihadiri oleh Komisioner Bawaslu Kepri Rosnawati, didampingi oleh tiga Komisioner Bawaslu Kota Tanjungpinang Zaini, Maryamah dan Novira, serta 12 orang anggota Panwascam.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Zaini dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini, guna mempersiapkan kapabilitas Panwascam yang memahami tugas, kewajiban dan kewenangannya dalam mengawasi tahapan Pilkada 2020 yang demokratis dan bermartabat sesuai peraturan perundangan.

“Menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Pengawas yang berintegritas dan profesionalitas dalam mengawal pesta Demokrasi sangat urgen”, tegas Zaini yang juga selaku Kordiv Pencegahan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga, Kamis (26/12).

Dikatakan Zaini, materi Bimtek yang disampaikan diantaranya, terkait tata kelola SDM dan Organisasi, nilai-nilai dasar pengawas, proses pembentukan pengawas lapangan Kelurahan dan Pengawas TPS, pelaksanaan pengawasan tahapan pemilihan, prosedur penanganan pelanggaran, penyelesaian sengketa acara cepat, teknis pelaporan hasil kinerja pengawasan.

Dikesempatan yang sama, Komisioner Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau Said Abdulllah Dahlawi dalam sambutannya memberikan motivasi dan arahan kepada seluruh Panwascam agar melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya, serta menjaga integritas diri dan bekerja secara profesional.

“Usai dilantik berarti saudara sudah menjadi keluarga besar Bawaslu Kota Tanjungpinang, dan lebih luas menjadi keluarga Bawaslu se- Indonesia, maka jaga marwah nama baik Bawaslu”, harap Said yang juga Kordiv Sumber Daya Manusia.

Said mengungkapkan bahwa, saat ini Bawaslu mendapat kepercayaan publik yang cukup baik. Peranannya dirasakan signifikan dalam mengawasi Pemilu dan Pilkada yang demokratis dan berkualitas. (Hms/Red).

Editor : Febri