Beranda Kepulauan Riau Zulkipli : Jumlah Penumpang Transportasi Udara Dan Laut di Bulan Juni Mengalami...

Zulkipli : Jumlah Penumpang Transportasi Udara Dan Laut di Bulan Juni Mengalami Kelonjakan

96
0

Tanjungpinang, GK.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memaparkan Berita Resmi Statistik (BRS) terkait terjadinya peningkatan pada pengguna angkutan udara di Provinsi Kepri kepada sejumlah Instansi Pemerintah dan Media massa di Ruang Video Conference, Kantor BPS Provinsi Kepri,  Kamis (1/8) sekitar pukul 11.00 Wib.

Dalam paparannya, Kepala BPS Kepri, Zulkipli menyampaikan bahwa jumlah pengguna angkutan udara tujuan Domestik ke Bandara yang ada di Kepri ada sekitar 226.495 orang, jumlah ini tentunya mengalami kenaikan sebanyak 57,32% dari Bulan Mei 2019 yang hanya berjumlah sekitar 143.823 orang.

“Adapun bagi penumpang yang menggunakan angkutan udara tujuan Domestik yang berangkat dari Bandara Bulan Juni 2019, yaitu ada 213.350 penumpang, itu artinya mengalami kenaikan sebanyak 21,79% dibandingkan bulan sebelumnya yang jumlah penumpangnya hanya sekitar 175.621 orang,” papar Zulkipli.

“Seperti yang kita ketahui, peningkatan transportasi yang ada di Kepri ini dikarenakan adanya hari Lebaran Idul Fitri pada Bulan Juni lalu, meskipun harga tiket cukup mahal, mereka yang ingin pulang ke Kampung halamannya tetap akan pulang juga, sehingga terjadi peningkatan tersebut,” kata Zulkipli.

“Dengan adanya hari Raya Idul Fitri, transportasi angkutan udara yang tujuan Domestik naik sebanyak 37% pada Bulan Juni,” tambahnya.

Disampaikan Zulkipli, selain jumlah pengguna transportasi udara, jumlah pengguna jasa transportasi laut tujuan Domestik juga ikut meningkat.

“Pada Bulan Juni 2019, jumlah penumpang yang datang di Pelabuhan sekitar Kepri ada sebanyak 392.769 orang, hal ini tentunya mengalami adanya kenaikan dari bulan sebelumnya, yakni sebanyak 30,54%, dibandingkan penumpang di Bulan sebelumnya yang mencapai sekitar 294.555 orang,” tutur Zulkipli.

Dikesempatan itu, Zulkipli juga menerangkan bahwa, untuk para penumpang yang pergi dari Pelabuhan sekitar Kepri tujuan Domestik pada bulan Juni 2019 adalah sebanyak 378.774 orang, jumlah tersebut juga mengalami kanaikan sebanyak 20,81% dari bulan sebelumnya yang berjumlah sekitar 325.502 orang.

“Dari kenaikan pendatang dan penumpang tujuan domestik yang ada di Pelabuhan sekitar Kepri, pada Bulan Juni mengalami kenaikan dengan total sebesar 25%, hal ini sejalan dengan kenaikan Wisatawan,” terangnya.

“Jika kita perhatikan, arus pendatang jauh lebih ramai dibandingkan arus yang keluar, jadi memang banyak yang datang pada bulan Juni 2019 ini, makanya mengalami kenaikan”. tutup Zulkipli. (MI).

Editor : Febri