Beranda Kepulauan Riau Abdul Malik Jabat Ketum PW MABMI Kepri, Periode 2018-2022

Abdul Malik Jabat Ketum PW MABMI Kepri, Periode 2018-2022

99
0

Tanjungpinang, GK.com – Ketua Umum (Ketum) Pengurus Wilayah Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PW MABMI) Kepri, Dr. Abdul Malik, M.Pd beserta jajaran pengurus PW MABMI Kepri resmi dilantik oleh Ketum Pengurus Besar Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PB MABMI), Dato’ Seri H. Syamsul Arifin, Jum’at (18/1) pukul 20.00 Wib, di Gedung Daerah Provinsi Kepri.

Dalam pelantikan PW MABMI periode 2018-2022 itu, acara ditandai dengan pembacaan ikrar oleh Ketum PB MABMI oleh Dato‘ Seri H. Syamsul Arifin, S.E dan diikuti oleh seluruh pengurus PW MABMI Kepulauan Riau.

Ketua Umum terpilih PW MABMI Kepri, Dr. Abdul Malik, M.Pd dalam pidatonya mengatakan bahwa tugas pokok dari PW MABMI Kepri adalah untuk menggali, memupuk, memelihara, serta menumbuhkembangkan Budaya Melayu yang merupakan sebagai salah satu unsur dari Kebudayaan Nasional, dengan tidak menolak unsur budaya lainnya dalam rangka memperkaya peradaban Melayu.

“Bagi para pengurus yang baru saja dilantik, mari kita secara bersama-sama memulai untuk menggali budaya Melayu yang ada di Provinsi Kepulauan Riau ini tanpa menghilangkan kearifan lokal, namun tetap menambahkan sedikit inovasi,” ucap Abdul Malik.

“Sejak dahulu, Melayu memang sudah menjadi sumber dari kebudayaan di Indonesia, jadi sekarang ini kita wajib meneruskan pelestariannya agar Melayu tidak hilang dari buminya sendiri, mungkin dengan langkah awal kita tambahkan sedikit inovasi seperti sentuhan-sentuhan dari Ilmu Teknologi,” kata Malik.

“Ada sebuah program yang disebut ‘Menjadikan Budaya Daerah Menjadi Warisan Nasional’, nah disitu kita targetkan untuk mengangkat Pulau Penyengat sebagai salah satu Warisan dari Budaya Melayu,” tuturnya.

Dikesempatan yang sama, Gubernur Kepulauan Riau yang juga selaku Ketua Dewan Pembina PW MABMI Kepri, Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si dalam pidatonya mengharapkan kepada seluruh pengurus PW MABMI Kepri yang baru dilantik kedepannya untuk lebih maksimal dalam menjalankan amanah yang telah diberikan.

“Semoga kedepannya para pengurus PW MABMI Kepri bisa sukses dalam mengemban amanah yang dititipkan oleh masyarakat demi perkembangan budaya Melayu,” harap Nurdin.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Kepulauan Riau Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si, Wakil Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto, S.Sos, MM, Ketua Umum PB MABMI Dato‘ Seri H. Syamsul Arifin, S.E, Wakil Ketua II DPRD Kepri H. Husnizar Hood, Sekretaris Daerah Kepulauan Riau DrH. TS. Arif Fadillah, dan tamu undangan lainnya. (FL).