Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang Syahrul Resmikan Balai Penyuluhan Keluarga Berencana

Syahrul Resmikan Balai Penyuluhan Keluarga Berencana

281
0

Tanjungpinang, GK.com­ – Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd meresmikan Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Tanjungpinang Barat di Jalan Bukit Semprong , Senin (12/11), pukul 13.00 Wib.

Hadir dalam peresmian tersebut Camat Tanjungpinang Barat Riwayat, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Kota Tanjungpinang Rustam, Lurah Tanjungpinang Barat Wimmy Dharma Hidayat, perwakilan Penggerak Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepri, PKK Tanjungpinang Barat, seluruh RT/RW se- Kecamatan Tanjungpinang Barat.

Adapun tujuan di dirikannya Balai Penyuluhan tersebut adalah sebagai wadah untuk berkomunikasi, berbagi informasi, serta untuk edukasi pembangunan di bidang kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

Di luar dari fungsi sebagai balai penyuluhan, tempat tersebut juga bisa di manfaatkan untuk berbagi hal positif yang berkaitan dengan pembangunan dan kemasyarakatan, serta di jadikan Sekretariat Kampung KB untuk Kelurahan Tanjungpinang Barat.

Dalam sambutan Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Kota Tanjungpinang, Rustam menjelaskan, balai tersebut merupakan balai pertama yang di dirikan Tanjungpinang, melalui dana alokasi khusus KB pada tahun 2018, sementara untuk luas bangunan tersebut terdiri sekitar 150 meter persegi, yang di kelola oleh Petugas Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PPLKB).

“Nantinya balai tersebut ada di bawah bimbingan Camat dan di dukung oleh PKB, PPLKB, serta Kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Barat,” ujar Rustam.

“Kedepannya kami akan bekerjasama dengan pihak Kelurahan se- Kota Tanjungpinang untuk dapat nantinya menghibahkan lahan yang berada di masing-mising Kelurahan, setelah itu baru kita akan usulkan untuk pembangunan di Balai Penyuluhan di daerah masing-masing,” tutur Rustam.

Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul dalam sambutannya mengatakan, “dalam perkembangan penduduk yang pesat, program ini sangat berguna untuk mengatur, serta menata peri kehidupan bagi calon-calon para pemimpin mulai dari sedini mungkin, tentunya hal ini di arahkan oleh para orang tuanya, agar program ini dapat terealisasikan dengan baik,” terang Syahrul.

“Sebenarnya program ini sudah lama di canangkan, namun dengan berjalannya waktu, program ini semakin menghilang, oleh karena itu perlu di kembangkan lagi melalui penyuluhan ini, agar kelak para pasangan pengantin baru yang pada tahap subur bisa memahami manfaat dari program KB tersebut,” jelas Syahrul.

“Saya berharap nantinya para Camat dan Lurah dapat mensosialisasikan program ini di tengah-tengah masyarakat, balai ini dibangun gunanya untuk memberikan pelayanan KB,” ucap Syahrul.

“Dengan adanya Balai Penyuluhan KB ini, program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga nantinya kita harapkan akan semakin terpadu”. tutup Syahrul.

Pada pesresmian tersebut, Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, juga memberikan 33 paket sembako untuk warga yang kurang mampu. (KR).