Jumat, Juli 26, 2024
spot_img

Hamid Rizal Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke 73

NATUNA – Bupati Natuna, Drs. H. Abdul Hamid Rizal, Msi pimpin upacara peringatan detik detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke 73. Upacara berlangsung di Pantai Kencana, Ranai, Natuna. Jum’at (17/08).

Bertindak sebagai Inspektur upacara yakni Bupati Natuna Hamid Rizal. Kemudian sebagai pembaca Teks Proklamasi yakni Ketua DPRD Natuna Yusripandi. Bertindak selaku Komandan Upacara yakni Kapten Arhanud Alse Ariyanto yang menjabat sebagai Wakil Danyon Komposit l/Gardapati Natuna. Dan Lettu Inf Hasan Basri bertindak sebagai Perwira upacara.

Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, turut dihadiri Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti, Sekda Natuna Wan Siswandi, FKPD, para Asisten, OPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, para veteran serta undangan lainnya dan disaksikan langsung oleh masyarakat Natuna.

Adapun kesatuan upacara dari Kompi l dipimpin oleh Komandan Lettu Armed Argo terdiri dari TNI AD, TNI AL dan gabungan TNI AU Raden Sadjad dan satrad 212 ranai.

Kompi ll dengan komandan Letda Laut (PM) Mikson Riadi terdiri dari Polri, Satpol PP, dinas pemadam kebakaran dan PNS Pemda. Dan Kompi lll dengan komandan Letda ADM Yoga P terdiri dari PNS Persatuan Guru Republik Indonesia, serta PNS instansi vertikal serta Rapi Natuna.

Kompi lV dengan komandan AKP Ahmad Rudi Prasetyo SH.MH terdiri dari mahasiswa STAI Natuna dan gabungan pelajar SLTA.

Upacara dimulai dengan membunyikan sirine selama satu menit dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh inspektur upacara. Selanjutnya, diikuti dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Natuna Yusripandi.

Acara kemudian di lanjutkan dengan pengibaran Bendera Pusaka Merah Putih. Pengibaran Bendera Pusaka dilakukan oleh 40 orang Paskibraka Kabupaten Natuna Tahun 2018, dengan Komandan Pasukan Lettu Arhanud Bagus Dwi Andrianto dari Satuan Bataliyon Komposit l Gardapati Natuna.

Sedangkan selaku pengibar Bendera Pusaka adalah Wan Ade Nomera asal Sekolah SMKN 1 Bunguran Timur, Ezra Zuriel Roring asal Sekolah SMKN 1 Bunguran Barat dan Yofi Kurnia Tahir asal Sekolah SMAN 1 Bunguran Tengah. Pembawa Baki yakni Karmisah, asal sekolah Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) 2 Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat.

Sementara itu untuk kelompok Aubade (paduan suara) terdiri dari 50 orang siswa/siswi SLTA dengan pemimpin lagu Kiki Septiani dan Solois Windy Ramadani.

Selain pengibaran bendera, peringatan HUT RI ke 73 di Natuna juga di meriahkan dengan Drum Band, Gema Bakti Kencana, SMAN 2 Bunguran Timur dan paduan suara yang menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

Usai melaksanakan Upacara Detik-detik Proklamasi dan Pengibaran Bendera Merah Putih, Bupati Hamid Rizal, menyerahkan secara simbolis alat-alat dan mesin pertanian kepada Unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) dan petugas Brigade Alsintan Dinas Pertanian Kabupaten Natuna berupa : 4 unit traktor roda dua, 2 unit transplanter, 8 unit pompa air, 2 unit cultivator dan 2 unit traktor roda empat

Bantuan yang diserahkan oleh Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal tersebut, berasal dari Kementerian Pertanian RI, melalui Dinas Pertanian Natuna, tahun anggaran 2018. (Sai)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -Seedbacklink