AL Gelar Upacara Detik Proklamasi di Perairan Perbatasan

BATAM– Angkatan Laut menggelar upacara detik-detik proklamasi di perbatasan Republik Indonesia, Jumat (17/8). Upacara HUT ke-73 RI ini dilaksanakan di atas Kapal Republik Indonesia (KRI) Yos Sudarso di perairan sebelah utara Markas Komando Pangkalan AL (Lanal) Batam.

“Tahun ini ada hal baru. Kita akan upacara di perbatasan, di atas geladak KRI Yos Sudarso. Dan akan live streaming dengan Presiden,” kata Komandan Lanal Batam, Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan usai pawai obor di Pacific, Kamis (16/8) malam.

Adapun yang bertugas sebagai inspektur upacara di perairan perbatasan RI ini adalah Komandan Guskamla Koarmada I, Laksma TNI David Santoso. Upacara akan diikuti unsur TNI, Polri, perwakilan isntansi vertikal seperti Bea Cukai, dan sebagainya. Jumlah peserta diperkirakan 50 orang di luar prajurit kru KRI.

“Jadi upacaranya serentak tapi ini dari sisi laut, poros maritim. Ini baru pertama kali,” tutur Iwan.

Sementara itu, Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad mengatakan peringatan HUT ke-73 RI ini diharapkan jadi momen penyemangat untuk mengembalikan pertumbuhan ekonomi. Ia berharap ada capaian yang spektakuler bagi daerah di usia RI yang ke-73 ini.

“Di samping kita sudah lakukan pembenahan infrastruktur, kita berharap semangat kemerdekaan ini bisa memacu pertumbuhan ekonomi,” kata Amsakar.

Saat ini angka pertumbuhan ekonomi sudah mulai membaik ke 4 persen lebih. Pada akhir 2018, ia berharap pertumbuhan ekonomi Batam bisa tembus di angka 5 persen.

“Syukur-syukur bisa lebih dari itu. Semoga tahun depan lebih baik lagi. Sehingga lapangan kerja terbuka dan akhir kesejahteraan masyarakat meningkat kembali. Karena tujuan akhir dari pembangunan adalah mensejahterakan masyarakat. Itu spirit yang harus kita tumbuhkan sempena HUT RI ini,” ujarnya.

Recommended For You

About the Author: admin01