Noor Lizah Kukuhkan Bunda Tagana Bintan

KEPRI- Bunda Tagana Provinsi Kepri, Hj Noor Lizah Nurdin Basirun mengatakan peran anggota Tagana Siaga Bencana yang berbasis relawan masyarakat sangat dibutuhkan dalam penanggulangan bencana di negeri ini. Mereka harus mengedepankan prinsip cepat dan tepat dalam upaya penanggulangan bencana sesuai dengan tuntutan keadaan.

“Prioritas apabila terjadi bencana, utamakan pada kegiatan penyelamatan jiwa manusia, khususnya kelompok usia rentan atau lanjut usia, penyandang disabilitas, anak-anak dan perempuan,” kata Noor Lizah saat mengukuhkan Bunda Tagana Bintan di Pantai Pesona Dugong Desa Malang Rapat, Kabupaten Bintan, Kamis (2/8) petang. Noor Lizah mengukuhkan Debby Maryanti Apri sebagai Bunda Tagana Bintan dengan penyematan selempang.

Noor Lizah mengatakan, koordinasi dan keterpaduan agar dilakukan dengan baik dan saling mendukung dalam upaya penanggulangan bencana. Tagana harus berdaya guna dan berhasil guna khususnya dalam mengatasi kesulitan masyarakat dengan tidak membuang waktu, tenaga dan biaya.

“Tetap membangun kemitraan dengan menjalin kerjasama yang baik terhadap pihak terkait,” kata Noor Lizah.
Menurut Noor Lizah, bencana datang begitu tiba-tiba tanpa diundang. Untuk itu, Tagana harus mampu melakukan kesiapsiagaan atas bencana yang menimpa secara tiba-tiba itu.

Di antaranya, kata Noor Lizah melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna dengan mempersiapkan perlengkapan dan bantuan darurat. Semuanya itu untuk memenuhi kebutuhan dasar pada saat keadaan darurat bencana terjadi.

“Penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab kita semua utamanya kepada para anggota Tagana yang dikoordinasikan oleh pemerintah,” kata Noor Lizah.

Sebelum pengukuhan, Tagana Kabupaten Bintan terlebih dahulu menyelenggarakan jambore dengan tema Tagana Bintan Berbakti Membangun Bintan Gemilang. Saat itu juga dilakukan apel siaga bencana.

Tampak hadir pada kesempatan itu Bupati Bintan Apri Sujadi, Sekda Bintan, Kadis Sosial Provinsi Kepri Doli B, Kadis Sosial Bintan Naharudin S. Ag dan puluhan anggota Tagana Bintan yang ikut Jambore. (QQ)