PPDB 2018 di Sorot, Dali: Tugaskan Pengawas Cari Penyebab

Tanjungpinang, GK – Guna mencari penyebab masalah yang terjadi di dalam penyelenggaraan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2018, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Muhammad Dali menugaskan pengawas untuk membuktikan sumber yang berpotensi jadi keluhan, Selasa (10/7) sore.

Sejauh pengaduan yang sudah ditelusuri sementara adalah mengenai nilai hasil Ujian Nasional (UN)). Menurut Dali, kemungkinan yang dimaksud ialah calon siswa dapat di terima salah satu sekolah terkait karena dapat di bantu oleh prestasi non akademik, meski nilainya kurang memadai.

“Misalnya, calon siswa itu memiliki prestasi tingkat Daerah, Provinsi maupun Nasional. Namun begitu, tetap panitia teknis lebih mengetahui informasinya,” jelas Dali.

Terkait gunjingan tentang calon siswa titipan orang orang tertentu, Dali mengatakan, sebatas pengetahuan yang dimilikinya tidak ada. Ia menegaskan, tidak mau terindikasi KKN, karena proses ini semua dalam pantauan KPK dan Ombusmen.

“Jadi yakinlah kepada hasil kerja panitia ini adalah valid dan benar adanya. Tetapi jika panitia bermain akan di kasih sangsi, itu perintah pak Gubernur,” tegasnya.

Menyikapi kekuatiran orang tua calon siswa yang tidak dapat masuk sekolah, Dali juga mengakui akan memproses dan berupaya untuk mengakomodir. Dibalik itu, dia juga sudah persiapkan nota dinas kepada Gubernur untuk penambahan ruang belajar (rumbel) jika mungkin.

“Tingkat jenuh penumpukan sekolah memang ada di SMAN 1 dan SMAN 2. Disarankan, berilah kesempatan kepada sekolah negeri lain maupun sekolah swasta,” ungkapnya.

Mengenai zona kali ini untuk memeratakan sekolah agar terhindar dari kesan favorit atau unggulan. Juga di upayakan kelayakan belajar siswa, dengan catatan 1 rumbel terdiri 36 siswa. (Red)

380 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *