Pesan Riono, Pelaku Usaha Mikro Harus Berinovasi

Tanjungpinang, GK – Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Mikro Kota Tanjungpinang mengadakan kegiatan peningkatan kewirausahaan bagi usaha mikro. Kegiatan melibatkan pelaku usaha mikro, Senin (7/5).

Adapun tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkembangkan jiwa usaha peserta. Selain itu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.

Hadir dalam acara itu, Sekda Kota Tanjungpinang Riono, ia mengatakan bahwa UMKM merupakan aset yang harus dipertahankan. Keberadaan pengusaha kecil bisa bertahan meskipun krisis ekonomi sedang melanda.

“Keberadaan UMKM memiliki fungsi sebagai penyangga ekonomi. Dengan tumbuhnya UMKM bisa menambah angka tenaga kerja,” ungkapnya.

Riono kembali melanjutkan, usaha kecil harus didorong untuk menjadi besar. Dalam penilaian dia, selama ini kendala yang dihadapi para pelaku usaha kecil adalah permasalahan internal, seperti masalah modal, SDM, hukum dan akuntabilitas.

“Yang sudah berkembang cobalah untuk berinovasi dan semangat meski kondisi sedang lesu. Sebenarnya, melalui program CSR, pelaku usaha bisa memanfaatkan modal bank melalui kredit usaha rakyat (KUR),” lanjutnya.

Dari sisi SDM, menurut Riono, sebuah usaha harus memiliki sistem yang baik dan dikelola secara manajemen yang sesuai. Dalam pengemasan juga harus dibuat menarik dan memiliki ciri khas.

Selain itu, masih menurut Riono. Dari sisi hukum, usaha minimal memiliki izin produksi industri rumah tangga (PIRT). Dia meminta kepada pelaku usaha untuk mencermati hal tersebut.

Walaupun masalah internal bisa diatasi, Riono menyarankan untuk tidak mengabaikan masalah eksternal. Seperti iklim usaha, pasokan bahan baku, infrastruktur serta hubungan dengan pemerintah.

Juga disebutkan, di TCC Mall, pihak Pemko sudah meminta ada UMKM Corner, begitu juga di Pelabuhan, Bandara dan objek wisata lainnya. Pelaku usaha dipersilakan mendaftar dan mengikat perjanjian. (Hms/Red)

258 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *