Penerimaan Murid Baru, Arifin: Tidak Ada Pungutan!

Tanjungpinang, GK – Penerimaan murid baru tingkat SLTA tahun ajaran 2018-2019 akan dibuka dalam waktu dekat. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Arifin Nasir mengingatkan bahwa dalam penerimaan siswa baru di sekolah negeri tidak ada pungutan.

“Orangtua siswa tidak akan di pungut biaya, saya ingatkan semua gratis,” tegas Arifin Nasir seusai upacara peringatan Hardiknas di kantor gubernur, Dompak, Rabu (2/5/) pagi.

Menurut Arifin, sekolah tidak berhak memungut uang seragam, sepatu dan atribut lainnya. Semua kebutuhan calon murid itu harus dibeli sendiri oleh orangtua atau wali murid yang bersangkutan.

Ia menambahkan, sekolah hanya boleh memungut uang SPP dari orangtua. Jumlahnya berbeda-beda, dipungut dari Rp 50.000 sampai Rp 150.000. Bahkan ada juga gratis uang SPP untuk sejumlah peserta didik, dalam katagori keluarga kurang mampu.

“Memang ada kebijakan untuk gratiskan SPP, kalau memang murid tersebut dari keluarga tak mampu (miskin). Akan digratiskan,” jelas Arifin.

Sebelumnya, menyikapi kecenderungan orangtua memilih sekolah negeri ketimbang sekolah swasta. Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan bahwa semua sekolah sama saja. Dia berharap agar orangtua murid tidak memilih milih sekolah.

Pemprov Kepri menanggapi hal tersebut dengan cara akan memberikan perhatian kepada sekolah-sekolah swasta yang ada. (Red)

981 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *