Pencak Silat Dan Permainan Gasing Semarakan Pawai Ta’ruf MTQ

Bintan, GK – Perhelatan akbar Musabawah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kabupaten Bintan dimulai dengan rangkain Pawai Ta’ruf Kafilah. Ada yang unik, yakni atraksi pencak silat Hulubalang Kerajaan yang merupakan tradisi leluhur Melayu turun temurun.

Antusiasme masyarakat meningkat saat atraksi permainan Gasing Tempayan dan Gasing Botol disuguhkan oleh pemuda dan kanak kanak dalam parade. Gasing merupakan salah satu permainan tradisional masyarakat Melayu.

Tidak terkecuali, kelihaian dalam memutar dan memainkan gasing membuat Bupati Bintan juga terkesima. Dia dan unsur pejabat lainnya langsung turun untuk bermain bersama dalam atraksi tersebut.

 

Bupati Bintan dan tamu undangan saksikan atraksi Pencak Silat

Apri Sujadi sendiri mengungkapkan rasa bangganya melihat gelaran Pawai Ta’ruf hari ini. Menurutnya, kegiatan ini memang dilaksanakan setiap tahun. Akan tetapi ada hal-hal menarik yang menambah meriah rangkain pawai.

“Kegiatan ini memang diadakan setiap tahun, tapi, atraksi tadi sangat menarik. Dan itu menambah semarak acara,” terangnya seusai kegiatan, Sabtu (14/4)

Permainan Gasing oleh peserta pawai Ta’ruf

Selain sebagai tampilan dalam rangkaian kegiatan, dia menilai hal ini sangat baik dilihat langsung oleh anak-anak. Dengan harapan, mereka akan lebih mengenal dan cinta pada kebudayaan daerah sendiri.

Beragam rangkain Pawai Ta’ruf Kafilah dari seluruh Kecamatan se Bintan mengitari Kota Tanjung Uban. Terlihat juga Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, Sekda Bintan, jajaran FKPD Bintan dan jajaran OPD Bintan.

Pembukaan MTQ dilaksanakan malam harinya di Astaka Utama, disejalankan dengan peringatan Isra’ wal Mi’raj 1439 H. Kegiatan akan berlangsung sampai tanggal 18 April ke depan, kemudian para pemenang akan mengikuti tingkat Provinsi Kepri di Kabupaten Lingga mendatang. (Hms/Red)

186 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *