Komisi III DPRD Kepri Tinjau Pembangunan Pelabuhan di Tanjung Uban

Tanjungpinang, GK – DPRD Provinsi Kepulauan Riau agendakan peninjauan proyek pembangunan pemerintah. Melalui Komisi III, tinjauan lapangan ke pembangunan pelabuhan bongkar muat di Tanjung Uban, Rabu (14/03).

Rombongan Komisi III di dampingi oleh Dinas Perhubungan Provinsi Kepri sebagai mitra kerja. Komisi III ingin melihat langsung progres pembangunan pelabuhan yang di awal tahun 2017. Pelabuhan memiliki luas lahan 1,5 hektar.

Rombongan Komisi III tiba di lokasi pembangunan pelabuhan

“Tahun ini merupakan tahun yang kedua. Dewan ingin melihat tahapan pembangunan pelabuhan ini,” kata Sekretaris Komisi III Raja Bachtiar.

Saat tinjauan berlangsung, Sekretaris Komisi III itu juga menambahkan bahwa saat ini tahapan pembangunan pelabuhan tersebut sudah sampai tahap penimbunan, fokus dalam proses penimbunan pantai.

Rombongan di lokasi pembangunan pelabuhan, melihat langsung tahapan perkerjaan

“Masih ada sedikit kendala yang dialami, terkait pembebasan lahan. Jadi memang agak terlambat dalam proses penimbunannya,” terangnya.

Sementara itu, anggota Komisi III lainnya yang turut serta saat peninjaun, Saproni, mengatakan bahwa pembangunan pelabuhan tersebut diharapkan sebisa mungkin digesa.

Anggota Komisi III meninjau tahapan penimbunan di lokasi pelabuhan

“Nanti harus melakukan pendalaman alur agar nanti kapal-kapal yang memiliki tonase besar bisa sandar dan melakukan bongkar muat di pelabuhan ini,” jelas Saproni.

Pada kesempatan itu juga, Kabid Kepelabuhanan Dinas Perhubungan Provinsi Kepri Aziz Kasim Djou, menjelaskan bahwa pada tahun ini memang pengerjaan pelabuhan di fokuskan pada penimbunan pantai.

“Tahun lalu kita selesai melakukan pemasangan sheet pile dan tahun ini targetnya menyelesaikan penimbunan lahan,” terang Aziz.

Rombongan Komisi III bersama mitra kerja Dinas Perhubungan foto bersama seusai meninjau lokasi pekerjaan

Aziz juga mengatakan bahwa fasilitas yang akan dibangun di pelabuhan ini diantaranya gudang penyimpanan barang, lapangan penumpukan, parkir truk, kantor pengelolaan pelabuhan dan mushola.

Dalam peninjauan pembangunan pelabuhan di Tanjung Uban tersebut hadir juga anggota Komisi III Suryani, Raja Astagena, Asep Nurdin dan Samadin Sinaga. (Hms/Red)

598 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *