Golkar Kota Tanjungpinang Ikuti Verifikasi Faktual

TANJUNGPINANG, GK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang mematuhi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 53/PUU-XV/2017, untuk melaksanakan verifikasi faktual terhadap seluruh Partai Politik (Parpol).

Adapun tujuan diadakannya verifikasi oleh KPU Kota Tanjungpinang bersama Bawaslu kepada Partai yang berlambangkan Pohon Beringin tersebut adalah dalam rangka memenuhi salah satu persyaratan mengikuti Pilwako Tanjungpinang yang akan digelar mendatang.

Divisi Logistik KPU Kota Tanjungpinang, Muhammad Yusuf Mahidin mengatakan verifikasi dilakukan semua Parpol, termasuk parpol peserta pemilu 2014 lalu. Diantaranya, Partai Golkar, PKPI, Partai Gerindra, PKS, PDIP, PAN, PPP, PKB, Partai NasDem, PPP, PBB, Partai Perindo dan parpol lainnya.

Muhammad Yusuf menambahkan, verifikasi faktual akan berlangsung selama tiga hari terhitung dari hari Selasa (30/1) sampai dengan Kamis (01/02) mendatang. Dalam kesempatan tersebut, Muhammad Yusuf juga menjelaskan, verifikasi faktual, KPU Kota Tanjungpinang membentuk tiga tim.

Setiap tim yang sudah ada langsung melakukan verifikasi faktual terhadap parpol tersebut. Seperti Selasa (30/1), KPU Tanjungpinang baru melakukan verifikasi faktual atas empat parpol. Yakni Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB dan PAN. Masing-masing tim menghampiri ke kantor Parpol yang akan dilakukan verifikasi.

Sementara itu, Divisi Hukum KPU Kota Tanjungpinang, Dewi Haryanti berharap, semua Parpol yang berada di Tanjungpinang, tidak ada masalah, sehingga Parpol tersebut bisa lulus dari verifikasi faktual yang dilakukan oleh pihak penyelenggara Pemilu, dalam hal ini KPU Kota Tanjungpinang.

“Hasil verifikasi faktual ini, kita laporkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Kepri,” sebut Dewi di depan pengurus DPD II Golkar Kota Tanjungpinang.

Ketua DPD Partai Golkar Kota Tanjungpinang, Ade Angga, S. Ip dan Sekretaris Golkar Kota Tanjungpinang Untung Budiawan saat melakukan Verifikasi bersama KPU Kota Tanjungpinang (30/01)

Ketua DPD II Golkar Kota Tanjungpinang, Ade Angga, S.Ip mengatakan, proses verifikasi faktual yang dilakukan KPU Kota Tanjungpinang sekarang, lebih mudah dan simpel. Tak seperti yang sebelumnya, penyelenggara Pemilu mendatangi rumah kader partai yang masuk dalam kepengurusan Parpol tersebut.

Saat ditemui wartawan media ini, Ade Angga menjelaskan Partai Golkar sudah menyiapkan diri sejak jauh-jauh hari untuk proses verifikasi ini, mendukung penuh dan ikut tertib dalam aturan yang sudah ditetapkan.

“Salah satu syarat dari Mahkamah Konstitusi (MK) menjelaskan bahwa partai politik untuk ikut dalam Pemilu, itu harus diverifikasi oleh KPU. Dan seluruh syarat sudah kita penuhi. Sejak mendaftarkan partai Golkar untuk ikut dalam Pemilihan Umum (Pemilu), Golkar menyatakan siap untuk ikut dalam Pemilu,” jelasnya.

Ade Angga juga menambahkan, “harapan Partai Golkar kedepannya dapat lolos verifikasi dan ikut dalam pemilu legislatif, serta berharap juga untuk dapat memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang,” paparnya ramah. (Moi/Red)

908 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *